Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Yogyakarta menerima kunjungan dari Kampus 5 Universitas Negeri Semarang (UNNES) dalam rangka kegiatan benchmarking atau studi banding bersama Departemen Matematika FMIPA UNY. Kegiatan ini berfokus pada pembahasan kurikulum, penjaminan mutu, publikasi, serta penjajakan kerja sama antar kedua institusi. Kunjungan ini memberikan banyak wawasan dan pengetahuan yang dapat diadopsi untuk pengembangan program studi di masing-masing kampus.
Langkah ini juga sejalan dengan upaya mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan SDGs#4, yaitu Pendidikan Berkualitas, melalui penguatan kurikulum, peningkatan mutu pembelajaran, dan penerapan praktik akademik yang inovatif. Dengan adanya kegiatan studi banding ini, kedua perguruan tinggi berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan tinggi agar dapat menghasilkan lulusan yang kompeten dan relevan dengan kebutuhan zaman.
Rombongan dari Kampus 5 UNNES, yang terdiri atas pengurus Departemen Matematika dan Wakil Dekan I Bidang Akademik, disambut hangat oleh Dekan FMIPA UNY, Prof. Dadan Rosana, M.Si. Dalam sambutannya, Prof. Dadan menyampaikan apresiasi atas kunjungan ini dan menyatakan kesiapan FMIPA UNY untuk bekerja sama dengan Kampus 5 UNNES.
“Kami menyambut dengan senang hati kunjungan ini. Kegiatan ini menjadi kesempatan baik untuk saling mendukung pengembangan program studi, khususnya di luar kampus utama,” ungkap Prof. Dadan Rosana, M.Si.
Ketua Departemen Matematika FMIPA UNY, Dr. Sri Andayani, juga memberikan sambutan sekaligus berbagi praktik baik yang telah diterapkan dalam pengelolaan kurikulum dan kegiatan akademik di Prodi Matematika. Dalam diskusi, berbagai topik strategis dibahas, antara lain pengembangan mata kuliah di prodi matematika dan pendidikan matematika, integrasi hasil Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ke dalam sumber referensi perkuliahan, pembelajaran berbasis studi kasus penelitian di awal semester, serta mekanisme evaluasi kurikulum secara berkala.
Selain meningkatkan kualitas akademik, kegiatan ini juga merupakan bentuk nyata implementasi SDGs#17 Kemitraan melalui kolaborasi antarlembaga pendidikan tinggi. Dengan menjalin kemitraan strategis, kedua institusi berupaya memperkuat jejaring kerja sama, berbagi sumber daya, dan saling mendukung dalam pengembangan prodi Matematika, khususnya di luar kampus utama.
Melalui kegiatan benchmarking ini, FMIPA UNY dan Kampus 5 UNNES berharap dapat memperkuat sinergi dalam pengembangan kurikulum, peningkatan mutu pembelajaran, serta memperluas jejaring kerja sama akademik yang berkelanjutan untuk mendukung kemajuan pendidikan tinggi di Indonesia. (ratna/witono).