Skip to main content

   Indonesia   |    English

CAPTCHA
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.
Silakan masukkan jawaban pada kotak yang telah disediakan
  • Reset your password
Home

Main navigation

  • BERANDA
  • PROFIL FMIPA
    • Sejarah Singkat
    • Visi Misi
    • Pimpinan
    • Pimpinan
    • Laporan Dekan
    • Renstra
  • KERJASAMA
    • Guest Lecturer
    • Lembaga/instansi pemerintah/non pemerintah
    • Pertukaran Mahasiswa
    • Visiting Professor
    • Laporan dan Evaluasi Kerjasama
    • Struktur Organisasi UUIK FMIPA UNY
  • DEPARTEMEN
    • Pendidikan Matematika
      • Prodi Sarjana Matematika
      • Prodi Sarjana Pendidikan Matematika
      • Prodi Sarjana Statistika
      • Program Magister Pendidikan Matematika
      • Program Doktor Pendidikan Matematika
    • Pendidikan Fisika
      • Prodi Sarjana Fisika
      • Prodi Sarjana Pendidikan Fisika
      • Program Magister Pendidikan Fisika
    • Pendidikan Kimia
      • Prodi Sarjana Kimia
      • Prodi Sarjana Pendidikan Kimia
      • Programi Magister Pendidikan Kimia
      • Program Doktor Pendidikan Kimia
    • Pendidikan Biologi
      • Prodi Sarjana Biologi
      • Prodi Sarjana Pendidikan Biologi
      • Program Magister Pendidikan Biologi
    • Pendidikan IPA
      • Prodi Sarjana Pendidikan IPA
      • Program Magister Pendidikan Sains
      • Program Doktor Pendidikan IPA
  • JURNAL
  • PENJAMINAN MUTU
  • PPID
    • Profil PPID FMIPA
    • Struktur PPID FMIPA
    • Formulir Permohonan Informasi
    • Informasi Tersedia Setiap Saat
    • Daftar Informasi Publik
    • Informasi Wajib Berkala
  • Permohonan Informasi
  • SOP
  • Zona Integritas dan WBK
  • USAHA FMIPA

Breadcrumb

  • Home
  • Guest Lecture: Integrasi Masalah Socio-Sains ke dalam Pembelajaran Kimia

Guest Lecture: Integrasi Masalah Socio-Sains ke dalam Pembelajaran Kimia

By witono | 1:55 PM WIB, Fri February 07, 2025

Departemen Pendidikan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta mengadakan Guest Lecture atau kuliah dari dosen tamu (Guest Lecturer). Prof. Dr. Muammer ÇALIK dari Trabzon University, Turkey menjadi narasumber dalam guest lecture departemen Pendidikan Kimia FMIPA UNY. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa S1, S2, S3 Program Studi Pendidikan Kimia dan Kimia. Kegiatan dilaksanakan pada hari Kamis (06/02/2025) di Ruang Sidang 3 FMIPA UNY.

 

Kuliah umum ini menjadi sarana untuk berdiskusi tentang topik “Integrating a Socioscientific Issue into Chemistry Teaching”. Kegiatan ini diikuti oleh para mahasiswa S3 Pendidikan Kimia dan Kimia FMIPA UNY.

Prof. Dr. Muammer ÇALIK bersama dengan Prof. Dr. Aantuni Wiyarsi, dosen pendidikan IPA FMIPA UNY juga telah melakukan publikasi dalam beberapa artikelnya di jurnal internasional scopus yang bejudul ‘Investigating Socioscientific Issues via Scientific Habits of Mind: Development and Validation of the Scientific Habits of Mind Survey’; ‘A-Cross-Age study of elementary student teachers’ scientific habits of mind concerning socioscientific issues’; ‘Revisiting the scientific habits of mind scale for socio-scientific issues in the Indonesian context’; ‘The effect of socio-scientific issues-based intervention studies on scientific literacya meta-analysis study’.

 

Topik SocIoscIentIfIc Issues dalam pembelajaran sains sangat penting, karena siswa melalui pembelajaran SSI ini siswa dapat memberikan solusi terhadap permasalahan isu sosial-sains yang ada melalui penerapan sains dan teknologi, beserta tindakan sosial, ekonomi, dan politik yang tepat dan berkomitmen. Selama sains di sekolah tidak membekali mereka untuk menjadi warga negara yang melek sains tentang isu-isu ini dan peran yang harus dimainkan oleh sains dan teknologi, kecil kemungkinan bahwa isu-isu besar ini akan diberi prioritas politik dan dukungan atau penolakan publik yang mungkin mereka perlukan.

 

Komponen penting dalam SSI yaitu interaksi antara kebutuhan sosial, sains dan pengembangan teknologi. Masyarakat dalam hal ini kita berusaha untuk mewujudkan kehidupan berkualitas yang lebih baik, akses terhadap pasokan makanan, energi, dan sarana komunikasi sosial atau lainnya yang aman. Tetapi faktanya, masih banyak permasalahan sosial (isu sosial-sains) yang menjadi perdebatan (pro-kontra) dalam masyarakat seperti beberapa isu tersebut.

 

Dalam pembelajaran Socio-Scientific Issues (SSI) terdapat beberapa masalah/isu yaitu pengobatan medis alternatif, perubahan iklim/pemanasan global, pembangkit listrik tenaga nuklir, kloning (manusia), organisme hasil rekayasa genetika, pertanian organik, dan keanekaragaman hayati. Berbagai permasalahan tersebut tidak terstruktur dengan baik, keyakinan/pemahaman/nilai kunci yang berbeda, bukti yang tidak memadai, kurangnya solusi yang jelas, kurangnya konsensus dalam komunitas ilmiah tentang masalah tersebut. Maka, dibutuhkan mengintegrasikan SSI dalam pembelajaran sains. Keuntungan pengintegrasian SSI dalam pembelajaran sains adalah SSI mendukung pengembangan kemampuan abad 21 siswa (literasi sains,  penalaran informal, pemikiran kritis, pemecahan masalah, pengambilan keputusan, argumentasi), memperbarui dan merevisi kurikulum sains sesuai dengan kebutuhan/tuntutan kontemporer meningkatkan minat dan sikap siswa terhadap sains, mengklarifikasi dan mengilustrasikan gagasan bahwa ‘sains terkait dengan dan merupakan bagian dari kehidupan mereka; bukan sesuatu yang terbatas pada pembelajaran di kelas atau pekerjaan sekolah’.

Dalam pembelajaran SSI, siswa diminta untuk memprediksi, menjelaskan, mengamati, dan menjelaskan saat mereka terlibat dalam aktivitas penurunan titik beku di lembar kerja terkait. Dengan pertanyaan terbuka di lembar kerja, siswa mendiskusikan dan menegosiasikan prediksi, pengamatan, dan penjelasan mereka.

Kegiatan diskusi topik ini sangat menarik dan para mahasiswa terlihat antusias mengikutinya. Terlihat beberapa mahasiswa aktif bertanya tentang pengaplikasian SSI dalam pembelajaran sains. Selain itu, ada beberapa mahasiswa yang telah melakukan penelitian terkait dengan pembelajaran SSI.

Dalam kegiatan ini tidak hanya kegiatan diskusi, tetapi juga memperluas kerjasama dan jejaring antara Departemen Pendidikan Kimia FMIPA UNY dengan Prof. Dr. Muammer ÇALIK dari Faculty of Education, Trabzon University, Turkey . Kerjasama antar kedua belah pihak juga dilalakukan melalui penandatanganan Implementation of Arrangement (IA).  Harapannya melalui kegiatan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi para mahasiswa prodi kimia dan pendidikan kimia FMIPA UNY, serta dapat menjadi bekal para mahasiswa untuk melakukan penelitian tentang Pengintegrasian SSI dalam Pembelajaran Sains. Semoga karya penelitian publikasi tentang SSI para mahasiswa dapat meningkat lebih baik lagi. (ratna/witono).

GUESTLECTURE
SDGs #4 Pendidikan
#BERBAGIPENGETAHUAN
#ZONAINTEGRITAS
#REFORMASIBIROKRASI

Berita Lain

Post date: Thu, 10/23/2025 - 14:10
Kunjungan FKIP Universitas Jember ke FMIPA UNY: Perkuat Benchmarking dan Kolaborasi Kurikulum Pendidikan Matematika
Post date: Tue, 10/21/2025 - 13:22
Serbuk Topikal Pegagan untuk Luka Diabetes
Post date: Tue, 10/21/2025 - 08:21
Pelatihan Budidaya Lele dengan Sistem Bioflok Terintegrasi Hidroponik Berbasis IoT
Post date: Tue, 10/21/2025 - 08:17
PPK Ormawa FMIPA UNY Memberikan Pelatihan Pembuatan Pakan Ikan Lele Berbasis Fermentasi dari Sekam Padi di Prawatan Klaten
Post date: Mon, 10/20/2025 - 15:08
Dorong Digitalisasi dan Kemandirian Pemuda Desa, PPK Ormawa BEM FMIPA UNY Gelar Workshop Pengelolaan Website Desa Prawatan
Post date: Mon, 10/20/2025 - 14:54
Mahasiswa FMIPA UNY Tawarkan Solusi Kreatif Pembelajaran melalui Komik AR Etnomatematika
Post date: Mon, 10/20/2025 - 14:31
FMIPA UNY Dorong KWT Barokah Kembangkan Inovasi Minuman Herbal yang Bernilai Ekonomi
Post date: Mon, 10/20/2025 - 14:18
Inovasi Mahasiswa FMIPA UNY: Ubah Limbah Udang dan Daun Herbal untuk Terapi Tuberkulosis
Post date: Mon, 10/20/2025 - 14:04
Wujudkan Pertanian Ramah Lingkungan: Mahasiswa FMIPA UNY Hadirkan Inovasi Pakan Fermentasi
Post date: Mon, 10/20/2025 - 11:48
Visiting Professor Prof. Oh Jin Park Bahas Implementasi AI dalam Pembelajaran Kimia dan Bioteknologi Industri bersama Mahasiswa FMIPA UNY

Pagination

  • Page 1
  • Next page next ›

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Dewan Pertimbangan Mahasiswa
  • Badan Eksekutif Mahasiswa
  • Himpunan Mahasiswa Matematika
  • Himpunan Mahasiswa Fisika
  • Himpunan Mahasiswa Kimia
  • Himpunan Mahasiswa Biologi
  • Himpunan Mahasiswa IPA
  • HANCALA (Pecinta Alam)
  • Haska (Kerohanian Islam)
  • SEKRUP (Teater, Seni)
  • KSI MIST (Penelitian)
  • BIONIC (UKM Pengamat Burung)
  • MIPA Creativepreneur Club

Kepala Bagian Tata Usaha, Sekretaris Tata Usaha, dan UUIK

  • Kepala Layanan Administrasi
  • Sekretaris Layanan Administrasi
  • Unit Urusan Internasional dan Kemitraan

Kontak Kami

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Kampus Karangmalang
Jl.Colombo No. 1 Yogyakarta 55281,

Telp. 0274-586168 psw 217, 336
Telp. 0274-565411
FAX. 0274-548203
Email: humas_fmipa@ uny.ac.id

 

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY