Mahasiswa UNY Meraih Medali Perak Pada Ajang ONMIPA PT 2023

Akhmad  Taufiq mahasiswa Prodi Biologi FMIPA yang menjadi delegasi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berhasil menorehkan prestasi dengan meraih  Perak dalam Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ONMIPA) Perguruan Tinggi 2023. Pada ONMIPA  yang diselenggarakan di Institut  Teknologi Bandung 14-15 Juni 2023 ini UNY  diwakili oleh 2 delegasi, selain bidang Biologi juga bidang Matematika yaitu M. Nadhif Zuhri.
Wakil Dekan bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni FMIPA UNY, Prof. Dr. Jaslin Ikhsan, M.App.Sc., Ph.D.  mengatakan, ini merupakan prestasi yang membanggakan karena ajang ONMIPA ini diikuti oleh mahasiswa se_Indonesia. Semoga ini bisa mmenjadi pemicu bagi mahasiswa lain untuk berprestasi lebih baik lagi di ONMIPA
“Prestasi ini melengkapi prestasi-prestasi lain mahasiswa UNY terutama FMIPA dibidang sains. Kita mendorong semua mahasiswa untuk berprestasi setinggi-tingginya”, lanjutnya.
Ketika ditanya tentang kesannya tentang lomba ONMIPA  ini, Akhmad  Taufiq sangat bersyukur dan tidak menyangka akan mendapatkan perak, terlebih bersaing dengan mahasiswa universitas-universitas top di indonesia. Diseleksi nasional ia harus bersaing karena untuk bidang Biologi diikuti 65 mahasiswa dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia.  Sebelum ke tingkat nasional yaitu tingkat wilayah, seleksi wilayah diikuti oleh 5 perwakilan dari tiap perguruan di Indonesia (baik swasta maupun negeri).
“Proses seleksi dilaksanakan di ITB selama dua hari, yang terbagi menjadi 2 sesi pengerjaan soal essay tiap harinya sehingga total 4 sesi selama 2 hari”, ungkapnya. (witono)