Tim dosen Pendidikan Matematika UNY yang diketuai Prof. Dr. Kana Hidayati, M.Pd. bersama Dr. Djamilah Bondan Widjajanti, M.Si., Dr. Elly Arliani, M.Si., dan Husna Arifah, M.Sc. bekerja sama dengan MGMP Matematika SMP Bantul menyelenggarakan Workshop Desain Pembelajaran Matematika Berbasis Deep Learning dan Asesmen di SMP Negeri 1 Imogiri pada 25 September 2025, dan berlanjut pada pertemuan kedua pada 2 Oktober 2025.
Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru matematika, khususnya dalam menghadirkan pembelajaran yang inovatif, bermakna, dan selaras dengan kebutuhan siswa. Dalam sambutannya, Prof. Dr. Kana Hidayati, M.Pd. selaku Ketua Tim PKM UNYmenekankan pentingnya guru terus berinovasi agar pembelajaran matematika lebih bermakna. “Kami berharap workshop ini tidak hanya menambah wawasan, tetapi juga memantik kreativitas Bapak/Ibu guru dalam menghadirkan pembelajaran yang lebih bermakna, berkesan, dan mendalam bagi siswa,” ujarnya.
Kepala SMP Negeri 1 Imogiri, Surahman, S.T., dan Ketua MGMP Matematika Kabupaten, Bantul, Ihwan Santoso, S.Pd., keduanya menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada Tim PkM FMIPA UNY yang telah memberikan ruang peningkatan kompetensi guru Matematika.
Workshop menghadirkan tiga materi utama. Dr. Djamilah Bondan Widjajanti, M.Si. menjelaskan filosofi Deep Learning yang menekankan keterhubungan dengan konteks nyata, disertai contoh praktik di kelas. Prof. Dr. Kana Hidayati, M.Pd. memaparkan pentingnya asesmen formatif berkelanjutan yang tidak hanya menilai hasil, tetapi juga mendukung proses belajar siswa. Sementara itu, Dr. Elly Arliani, M.Si. membahas Growth Mindset dan strategi metakognitif yang dapat menumbuhkan ketangguhan siswa dalam belajar.
Para peserta menyambut kegiatan ini dengan antusias. Workshop dianggap penting untuk meningkatkan kompetensi guru, khususnya dalam menghadirkan pembelajaran matematika yang mendalam, kontekstual, dan berkelanjutan. Harapannya, kegiatan ini dapat membuka wawasan dan meningkatkan kompetensi guru Matematika lebih professional. (ratna/witono).