Siswa Madrasah Mu’Allimin Kunjungan Edukasi ke Laboratorium FMIPA UNY

Sebanyak 62 siswa Madrasah Mu’Allimin Muhammadiyah Yogyakarta berkunjung ke FMIPA  Universitas Negeri Yogyakarta untuk melakukan kunjungan edukasi. Kunjungan edukasi dilakukan di laboratorium (lab) FMIPA khususnya belajar ke lab Pendidikan Biologi dan lab Pendidikan Kimia. Kunjungan dilaksanakan Rabu, (27/12/23) diterima di ruang sidang fakultas. Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan kerjasama antara FMIPA UNY  dengan Madrasah Mu’Allimin Muhammadiyah Yogyakarta.  
Wakil Dekan Bidang Riset, Kerjasama, Sistem Informasi dan Usaha, Dr. Tien Aminatun dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada guru dan siswa yang akan melakukan kunjungan edukasi ke laboratorium FMIPA UNY. Semoga setelah kunjungan ini memberi manfaat dan wawasan bagi siswa bagaimana praktikum di laboratorium.
“Manfaatkan sebaik-baiknya untuk menimba pengalaman sebanyak-banyaknya. Itu akan menjadi bekal bagi para siswa ketika akan menaiki jenjang pendidikan yang lebih tinggi”, lanjutnya
Sementara itu perwakilan dari Madrasah Mu’allimin, Heryan, M.Pd., menjelaskan,   kunjungan ke FMIPA UNY dalam rangka menimba ilmu. Para siswa  ini sekitar 2 atau 3 tahun lagi akan lulus dari sekolah kami dan akan lanjut ke jenjang yang lebih tinggi, jadi ilmu yang akan diterima hari ini akan bermanfaat bagi mereka.
“Pendidikan ini jangka panjang. Barangkali yang dilakukan hari ini belum terasa manfaatnya, tapi akan bermanfaat dimasa mendatang. Madrasah ini adalah sekolah 6 tahun. Ditingkat madrasah (setingkat SMP) 3 tahun dan tingkat Aliyah (setingkat SMA) 3 tahun. Yang kami ikutkan adalah kelas 3 dan 4. Dimadrasah kami ada kelas internasional dan telah menerapkan Kurikulum Cambridge. Kelas 3 itu kalau biasanya disekolah umum belum mendapatkan spesifik sains maka ditempat kami sudah dapat yang nantinya akan mendapatkan dampak yang bermanfaat
Dengan dipandu oleh dosen penddikan Biologi, Rio Christy Handziko, M.Pd, di lab Kebun Biologi para siswa diberi pengetahuan tentang pengelolaan sampah, budidaya ternak maggot. Selain itu juga dikenalkan berbagai jenis tumbuhan, dan melihat proses penelitian di lab hidroponik. Setelah itu para siswa berkunjung ke lab Mikrobiologi dan lab kultur jaringan.
Sedangkan di lab Pendidikan Kimia, para siswa berkunjung ke lab Kimia Fisika dan Organic dengan dipandu Dr. Pranjoto. Disitu para siswa belajar tentang pengukuran tegangan permukaan dengan Tensiometer Dunoy serta  pengukuran kekentalan cairan dengan Dinamic Viscometer. Sementara itu di lab Kimia Analitik dan Instrumentasi Kimia dipandu oleh Dr. Sunarto dan Dr. Siti  Marwati belajar tentang pemisahan campuran dengan destilasi vaccum dan destilasi uap. Di lab tersebut juga belajar  analisis sampel cairan dengan Spektrofotometer UV-Vis. Yang terakhir belajar di lab Kimia Organik dan Biokimia yang dipandu oleh Prof. Dr. Sri Handayani, para siswa belajar tentang penentuan titik leleh senyawa dan  pemisahan campuran dengan Rotary Evaporator. (witono)