Lomba Infografis dan Video Pendek

FMIPA UNY menggelar lomba Infografis dan video pendek tingkat nasional . Lomba diikuti oleh mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Lomba ini merupakan salahsatu rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-59 Universitas Negeri Yogyakarta.  Lomba sudah dimulai sejak 5 Juni 2023 dan pemenang diumumkan pada hari Senin (26/6/23). Pengumuman pemenang dilaksanakan secara online.
Dalam sambutannya Prof. Dr. Jaslin Ikhsan, Wakil Dekan bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni FMIPA UNY mengatakan,mahasiswa merupakan generasi yang sangat potensial yang sedang berkembang dari berbagai aspek. Oleh karena itu potensi mahasiswa  dapat menghasilkan sesuatu yang bermakna bahkan dapat menjadi sesuatu yang luar bisaa. Disamping itu kemampuan teknologi informasi mahasiswa  tidak perlu diragukan lagi. Teknologi sekarang ini dimanfaatkan diberbagai aspek kehidupan.
Mahasiswa yang mempunyai potensi yang luar bisaa mempunyai kewajiban  untuk mampu berkontribusi  untuk menggunakan kemampuan itu.  Yang pertama adalah kemampuan diri yang sedang berkembang, yang kedua kemampuan adaptasi menggunakan TIK  diera global yang luar bisaa. Perpaduan keduanya  akan sangat bermakna didalam menghasilkan karya atau produk apapun sesuai minat anda.
“Kedua lomba ini sesuai dengan apa yang sedang berkembang saat ini. Video pendek bisa dishare  atau bisa dibuat viral untuk digunakan oleh  orang banyak. Demikian juga infografis yang disebar luas bisa berpengaruh pada seseorang yang membacanya atau menikmatinya”, katanya
Sementara itu perwalian dari juri, Mufiliha Fahmi, M.Psi., (psikolog) mengatakan, lomba ini tampaknya sederhana, tapi proses mentalnya tidak hanya seperti itu. ketika para mahasiswa hendak mengikuti lomba otomatis membuat sebuah karya  yang menjadi syarat dari lomba itu. Ketika sudah membuat karya, para mahasiswa sudah membuang rasa malas, rasa tidak nyaman, menyiapkan hal untuk proses produksi , dan itu bukan hal yang mudah. Jadi jika sudah menyelesaikan sebuah karya itu sudah menjadi kemenangan bagi mahasiswa itu sendiri. Bahkan mengirimkannya mungkin juga bukan hal yang mudah.
“Jika saya mengamati karya yang dilombakan, saya sebagai psikolog professional di puskesmas dan rumah sakit, ini menjadi informasi bagi saya  bagaimana mahasiswa  memandang kesehatan mental, apa yang mereka pikirkan, keresahan apa yang mereka miliki, dan apa yang diharapkan dari  kesadaran kesehatan mental” lanjutnya.
Untuk  lomba infografis pemenangnya adalah: juara 1 Oza Kevin dari UIN Raden Fatah Palembang, juara 2 Sa'adah Nurwidyani Jamallika (UNY), juara 3 Cynthia Felita Hermawan (Universitas Kristen Petra), juara harapan 1 Adela Ocha Raraningrum (UNY), juara harapan 2 Immanuel Nicholas Fransepta Samosir (Politeknik Statistika STIS), dan juara harapan 3 Andi Raihanafi (UNY).
Sedangkan untuk lomba  video pendek pemenangnya yaitu juara 1 Prio Suta Pamungkas (ISI Surakarta), juara 2 Dhea Fitriani (UNY), juara 3 Rizka Alya Azzahra  (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa), juara harapan 1 Ibrahim Asmorodina (Universitas Negeri Malang), juara harapan 2 Samudra Gaza Bramantyo  (UNY), juara harapan 3 Mahadi Fitrah Habibullah (Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta).
Bertindak sebagai juri dalam lomba tersebut yaitu Permohonan Juri lomba video: 1.  Mufliha Fahmi, M.Psi., Psikolog, 2. Ponco Wali Pranoto, M.Pd (FT UNY). Untuk lomba poster: 1. Dr. Agung Wijaya Subiantoro (FMIPA UNY, 2. Roni Siswo Setiaji, M.Pd (FBS Seni Rupa). (witono)