TAHUN 2022 AKSELERASI AKREDITASI JURNAL

Pada tahun 2022 kami mencoba melakukan akselerasi untuk pengajuan akreditasi jurnal. Pada 2 tahun terakhir mengalami beberapa kendala. Pada tahun 2021 ada sekitar 2000 jurnal yang harus kami nilai dan sudah diumumkan 2 kali dengan SK akreditasi. Pada 2022 kami juga sudah mengumumkan periode pertama terkait usulan akreditasi dan saat ini sedang proses penilaian periode kedua. Bulan Juli atau Agustus hasil penilaian periode II sudah bisa kami umumkan. Hal tersebut disampaikan Yoga Dwi Arianda, ST., Koordinator Jurnal Ilmiah dan Publikasi Ilmiah, Direktorat Kelembagaan Kemdikbudristek pada acara Workshop Pemutakhiran Jurnal FMIPA UNY, Senin, 13/6/22. Workshop diikuti oleh para pengelola jurnal di FMIPA.
Lebih lanjut dikatakan, Kami menargetkan pengelola jurnal kalau mengajukan usulan akreditasi maksimal 3 bulan sudah menerima hasil penilaian akreditasinya. Kami juga menargetkan tahun ini minimal 4 kali mengumumkan hasil akreditasi, dan semoga bisa lebih sehingga akhir tahun usulan yang tertunda dan usulan ditahun 2023 tidak terlalu banyak.
“Saat ini antusias para pengelola jurnal untuk mengakreditasikan jurnalnya luar biasa. Dan 2 tahun ini banyak jurnal yang akreditasinya habis. Status jurnal terakreditasi saat ini hingga tahun 2021 akhir ada 6941. Kami sekarang sedang melakukan tindakan sesuai hasil diperiode I ada sekitar 800an jurnal yang terakreditasi baik yang reakreditasi maupun usulan baru. Kalau ditotal ada sekitar 7500 jurnal yang sudah terakreditasi hingga periode I tahun 2022, dan jumlahnya setiap tahun semakin meningkat”, terang Yoga Dwi A.
Sementara itu Dekan FMIPA UNY, Prof. Dr. Ariswan, M.Si., dalam sambutannya mengatakan, dengan adanya narasumber handal dan diskusi semoga kedepan dengan komitmen yang kita bangun bisa menghasilkan jurnal yang layak kita apresiasi, layak untuk dikembangkan. Karya-karya dosen terus kita apresiasi untuk menunjukkan bahwa kita memang menghasilkan karya-karya yang dapat diapresiasi oleh siapapun untuk kemajuan FMIPA yang kita banggakan.
Di FMIPA ada 10 Jurnal Student yang akan dikembangkan dan 9 yang sudah ada sehingga ada 19 jurnal yang perlu kita support karena diantara jurnal-jurnal itu ada 3 jurnal yang telah mencapai kualitas Sinta 2. Jurnal yang lain akan terus kita kawal.
“Kita perlu masukkan dan poin-poin penting sehingga 19 jurnal ini menjadi kebanggaan kita. Kebanggaan dimulai dari penghargaan. Dengan jurnal akan mempercepat jabatan dalam menggapai masa depan para dosen. Saya juga akan mendampingi dalam upaya kenaikan jabatan para dosen”, Jelas Dekan. (witono)