SYAWALAN FAKULTAS MIPA

Sebagai wahana silaturahmi keluarga besar fakultas MIPA menyelenggarakan syawalan bersama di fakultas MIPA pada Minggu 11 September 2011. Kegiatan syawalan ini merupakan agenda rutin setiap tahun yang bertujuan sebagai pembinaan rohani sekaligus ajang halal bihalal dan silaturahmi antar warga FMIPA UNY dan dapat menciptakan suasana kerja yang kondusif setelah saling bermaafan antara karyawan dan dosen dalam lingkup pekerjaan di fakultas MIPA dapat menjadikan kampus atau pekerjaan itu sebagai sarana ibadah sehingga tercipta suasana yang menyenangkan.
Rektor UNY Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd, MA dalam sambutannya mengatakan bahwa dengan adanya syawalan ini hendaknya bisa meningkatkan kebahagiaan dalam berkarya karena terinspirasi dari tempatnya bekerja sehari-hari, dan universitas juga mengapresiasi kinerja dosen FMIPA dengan mengabarkannya melalui baliho, termasuk prestasi mahasiswanya. “Universitas juga melakukan perubahan di sana-sini” kata Rochmat Wahab, “Hendaknya jurusan yang sudah potensial mempersiapkan diri untuk menarik program pasca sarjananya ke jurusan”. Sedangkan Dekan FMIPA Dr Ariswan mohon doa restu pada senior fakultas agar cita-cita luhur fakultas MIPA dapat lestari dimana nuansa religius fakultas dapat lebih mengemuka.
Materi syawalan diisi oleh Drs. H. Kamiran Qomar dari PP Muhammadiyah yang mengatakan bahwa amalan yang terbuka setelah bulan ramadhan adalah puasa syawal selama 6 hari. “Syawal adalah sarana untuk komunikasi dan silaturahmi sekaligus bertukar pengalaman” kata Kamiran Qomar, “Jangan ada pamer kekayaan, bila ada yang berlebih hendaknya disumbangkan pada yang membutuhkan bantuan.”