Merintis Eco Edu Forest Melalui PPKO KPB BIONIC UNY Di Kalurahan Purwoharjo

Tim KPB BIONIC UNY yang menelurkan kegiatan PPK Ormawa di Kalurahan Purwoharjo, Samigaluh, Kulon Progo telah resmi diterjunkan. Pada tahun ini, tim PPK Ormawa KPB BIONIC UNY mengusung topik desa hutan dengan judul proposal “Rintisan Eco edu forest Sebagai Desa Hutan Berdikari Di Cagar Biosfer Merapi Merbabu Menoreh Kalurahan Purwoharjo”. Kegiatan dilaksanakan Sabtu, 5/8/23.
David, ketua tim, mengatakan bahwa PPK Ormawa atau program penguatan kapasitas ormawa adalah serangkaian proses pembinaan Ormawa oleh Perguruaan Tinggi yang diimplementasikan dalam program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat. Melalui program ini harapannya tim pelaksana PPK Ormawa dapat mengasah kemampuan dalam berpikir kritis, kreatif, menyelesaikan masalah, komunikatif, kolaboratif, dan memiliki rasa peduli dan berkontribusi kepada masyarakat di kalurahan agar terbangun wilayah binaan yang aktif, mandiri, dan sejahtera. Di sisi lain, masyarakat diharapkan mampu menemukan dan mengembangkan potensi yang sudah ada untuk dikelola menjadi kegiatan nyata atau mengembangkan kegiatan yang telah dirintis menjadi lebih berkembang dan bermanfaat.
Kegiatan penerjunan dan pembukaan dilakukan di balai Kalurahan Purwoharjo yang dihadiri oleh Staf Ahli Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNY, Arwan Nur Ramadhan, S.Pd., M.Pd., Kepala Kalurahan Purwoharjo, RA. Ari Wibowo, A.Md., Dosen Pendamping Nur Aeni Ariyanti, Ph.D, Kepala Padukuhan, Ketua RT/RW, dan Karang Taruna Padukuhan Pagutan, Junut, dan Duwet, serta Tim PPKO KPB BIONIC UNY 2023.
David juga menjelaskan bahwa Kalurahan Purwoharjo ini termasuk dalam cagar biosfer merapi merbabu menoreh sehingga sangat berpotensi sebagai eco edu forest karena didukung oleh wilayah dengan keanekaragaman hayati burung, capung, kupu-kupu, serta tanaman yang tinggi dan harapannya program PPKO ini dapat berjalan dengan lancar pun dengan potensi keberlanjutannya sampai 2025.
Arwan Nur Ramadhan, S.Pd., M.Pd. dalam sambutannya selaku Staf Ahli Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNY menyampaikan dukungan penuh terhadap PPKO KPB BIONIC UNY dan harapannya agar Kalurahan Purwoharjo menjadi desa hutan berdikari melalui eco edu forest.
Nur Aeni Ariyanti, Ph.D selaku dosen pendamping menyampaikan harapan dan terima kasihnya kepada pihak Kalurahan Purwoharjo yang telah menyambut dengan hangat serta memberikan fasilitas kepada Tim serta memberikan pengarahan untuk pengabdian masyarakat melalui PPKO KPB BIONIC UNY dalam merintis eco edu forest agar dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Kalurahan Purwoharjo.

Acara secara simbolis dibuka dengan penandatanganan MoU. Harapannya dengan acara tersebut Program Penguatan Kapasitas Ormawa Kelompok Pengamat Burung BIONIC UNY resmi dibuka sehingga ke depannya kegiatan-kegiatan yang mendukung Kalurahan Purwoharjo sebagai desa hutan berdikari melalui eco edu forest dapat dilaksanakan serta terwujudnya kolaborasi dari pihak Kalurahan Purwoharjo dengan UNY sebagai desa binaan yang berkelanjutan.
Uly dan Zannuba dari tim PPKO KPB BIONIC UNY memaparkan mengenai rancangan program eco edu forest dan timeline kegiatan-kegiatan. Rancangan program eco edu forest akan berfokus pada pemberdayaan dan pengembangan SDA & SDM dan bertujuan untuk meningkatkan perekonomian serta keahlian dalam melestarian lingkungan. Serangkaian kegiatan diantaranya workshop dan pelatihan mengenai eco edu forest, inventarisasi keanekaragaman hayati, ekonomi kreatif, penanaman pohon, kepemanduan wanalestari, dan pemasaran produk olahan tanaman toga.     
David menambahkan, program ini terdanai sebesar 37 juta rupiah dan dilaksanakan hingga bulan November mendatang.  Tim  PPK Ormawa KPB  BIONIC UNY berjumlah 15 orang yang berasal dari berbagai departemen di UNY yaitu Departemen Pendidikan Fisika 3 orang, Departemen Pendidikan Biologi 9 orang, Departemen Pendidikan Matematika 1 orang, Departemen Pendidikan IPA 1 orang, dan Departemen Pendidikan Teknik Mesin 1 orang. (D. Suharjanto/witono)