Dosen FMIPA UNY Meraih Beasiswa Micro-credential 2023 di Western Sydney University

Dosen Departemen Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam(FMIPA) UNY, Rio Christy Handziko, S.Pd.Si., M.Pd. meraih Program Beasiswa Micro-credential bagi dosen PPG untuk mengikuti short course bertajuk Literacy for Teacher Educator di Western Sydney University secara online. Program beasiswa ini diinisiasi oleh Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) yang bekerjasama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang memberikan kesempatan kepada dosen-dosen pengajar PPG untuk menempuh kursus singkat mengenai Literasi dan Numerasi yang diselenggarakan secara online.
Rio menjelaskan, pada program ini, dosen-dosen pengajar PPG diberikan pilihan untuk mengikuti program kursus singkat mengenai Literasi yang diselenggarakan oleh Western Sydney University atau mengenai Numerasi yang diselenggarakan oleh Michigan State University. Program ini berlangsung selama 7 pekan (September hingga Oktober 2023) dengan pola pembelajaran Syncronous dan Asyncronous, yang menggunakan learning management system (LMS) dari masing-masing universitas penyelenggara.
“Pada kelompok peserta Literasi yang diselenggarakan di Western Sydney University, kursus ini diikuti oleh 93 dosen pengajar PPG yang berasal dari berbagai Universitas penyelenggara kelas PPG. Jumlah tersebut terbagi menjadi 2 kelas perkuliahan yang berbeda dan dilakukan pertemuan tatap muka secara online di setiap pekannya”, lanjutnya.
Lain halnya dengan kelas Numerasi yang hanya dibuka 1 kelas dengan jumlah peserta 31 orang. Pada kursus ini dibahas secara detail mengenai Literasi dan Numerasi, pemahaman, konsep dan pengaplikasiannya dalam proses pembelajaran. Kursus singkat ini diakhiri dengan penyusunan rencana tindak lanjut diseminasi kepada guru-guru peserta PPG.
Tujuan utama dari diselenggarakannya program beasiswa ini adalah untuk memperkuat proses Program Profesi Guru yang sedang diselenggarakan di Indonesia. Semangatnya adalah memberikan bekal pemahaman konseptual mengenai Literasi dan Numerasi kepada guru-guru peserta PPG, dan cara untuk itu ditempuh dengan memberikan pemahaman yang mumpuni kepada pada dosen pengajar PPG, sehingga masing-masing dosen PPG akan memberikan pengajaran pemahaman konseptual yang tepat mengenai Literasi dan Numerasi saat pembelajaran PPG dilaksanakan. Lebih jauh, ini adalah bagian dari upaya mempersiapkan generasi Indonesia emas yang terliterasi dan ternumerasi dengan baik.
Pada kesempatan ini Rio C. Handziko menyelesaikan kursus singkat literacy for teacher educators yang diselenggarakan di Western Sydney University dengan predikat “High Distinction”. Produk yang dihasilkan adalah berupa video pembelajaran mengenai Biologi Kelautan dengan menggunakan multimoda literasi yang dapat dicermati pada tautan https://youtu.be/MHCSkyrNndc, dan bahasan lainnya pada kanal youtube http://www.youtube.com/@handziko. (witono)