Praktek Perakitan dan Penggunaan Alat Spray Anti Hama Oleh Tim PPKO Bersama Gabungan Kelompok Tani (GAPOKTAN)

Program Penguatan Kapasitas Ormawa (PPKO) Hima Kimia FMIPA UNY 2023 melaksanakan praktik perakitan dan penggunaan alat spray anti hama bersama gabungan kelompok tani (Gapoktan) di Lumbung Pangan Masyarakat Desa (LPM Desa) Desa Joho, Prambanan, Klaten, Jawa Tengah. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan tata cara perakitan dan penggunaan alat spray anti hama dengan benar.
Alat anti spray anti hama ini diharapkan dapat dimanfaatkan khususnya anggota kelompok tani (Poktan) Desa Joho untuk mengendalikan hama dan penyakit tanaman yang ada di lahan pertaniannya. Alat spray anti hama yang tersebut dapat digunakan dengan dua cara yaitu elektrik dan pompa manual. Untuk spesifikasinya lebih lanjut sebagai berikut:
Selain itu, ada juga alat stik sprayer yang terpisah dengan alat utama sebelumnya. Adanya stick sprayer itu diharapkan dapat menjangkau lebih jauh saat melakukan penyemprotan pestisida dan lain-lainnya. Hal ini karena stick sprayer tersebut dapat diatur panjang pendeknya menjadi ±3 meter. Saat pelaksanaan kegiatan ini, anggota Gabungan kelompok tani (Gapoktan) juga mendapatkan tambahan informasi mengenai bagaimana perawatan alat spray anti hama dari Bapak Hargo selaku ketua PPL Kecamatan Prambanan. (fadhila/sigit/ulfi/witono)