Mahasiswa Thailand Kuliah 1 Semester di FMIPA UNY

Sebagai salah satu bentuk kerjasama antara UNY dengan Yala Rajabhat University, sebanyak 7 mahasiswa dari Yala Rajabhat University menempuh kuliah selama 1 semester di FMIPA UNY. Para mahasiswa tersebut kuliah di prodi Kimia, Biologi, Fisika. Mereka terdiri dari  Hanikateenee Doloh, Fuad Yeedamae, Nurhafifah Ha, Hasnah Mayee, Soleeha Latana, Armeenoh Saha, Suwaibah Sulong.
Ditemui disela-sela kuliah, Rabu (29/4), Hanikateenee Doloh, salah satu mahasiswa yang kuliah di prodi biologi mengatakan bahwa untuk mata kuliah ada yang sama dan ada yang berbeda. Pembelajarannya juga hampir sama, banyak diskusi.
“Setelah mengikuti perkuliahan hampir 3 bulan, kami masih ada kendala, yaitu masalah bahasa. Kadang-kadang ada dosen yang bicaranya cepat sehingga kami susah untuk mengerti apa yang disampaikan. Untuk mengatasinya di kelas atau setelah pembelajaran kami bertanya kepada teman-teman mahasiswa UNY tentang apa yang disampaikan dosen tadi. Mungkin ada baiknya jika ada powerpoint sebelum pembelajaran sehingga kami bisa lebih jelas,” lanjut mahasiswa yang masih kental logat melayunya ini.
Selain itu, menurut Kateenee, di Thailand mahasiswa kalau mau bicara dengan dosen diluar pembelajaran harus dilakukan di kantor, tapi kalau di UNY mahasiswa bisa bicara dengan dosen dimana saja  tidak harus di dalam kantor dan boleh bicara tentang hal-hal lain diluar kuliah.
Sementara itu Nurhafifah Ha yang juga kuliah di prodi Biologi  menjelaskan, selama disini  (Jogja), kami berusaha untuk mengenal lebih banyak teman dan belajar bahasa Indonesia supaya lebih mudah dalam menerima pembelajaran dari dosen.
“Kami suka di Jogja, kami juga sudah mengunjungi Malioboro, Pantai Baron, dll. Kami juga suka makanan disini seperti ayam bakar, nasi goreng, bakso,” kata mahasiswa yang suka makanan pedas ini. (witono)