Skip to main content

   Indonesia   |    English

CAPTCHA
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.
Silakan masukkan jawaban pada kotak yang telah disediakan
  • Reset your password
Home

Main navigation

  • BERANDA
  • PROFIL FMIPA
    • Sejarah Singkat
    • Visi Misi
    • Pimpinan
    • Laporan Dekan
    • Renstra
  • KERJASAMA
    • Guest Lecturer
    • Lembaga/instansi pemerintah/non pemerintah
    • Pertukaran Mahasiswa
    • Visiting Professor
    • Laporan dan Evaluasi Kerjasama
    • Struktur Organisasi UUIK FMIPA UNY
  • DEPARTEMEN
    • Pendidikan Matematika
      • Prodi Sarjana Matematika
      • Prodi Sarjana Pendidikan Matematika
      • Prodi Sarjana Statistika
      • Program Magister Pendidikan Matematika
      • Program Doktor Pendidikan Matematika
    • Pendidikan Fisika
      • Prodi Sarjana Fisika
      • Prodi Sarjana Pendidikan Fisika
      • Program Magister Pendidikan Fisika
    • Pendidikan Kimia
      • Prodi Sarjana Kimia
      • Prodi Sarjana Pendidikan Kimia
      • Programi Magister Pendidikan Kimia
      • Program Doktor Pendidikan Kimia
    • Pendidikan Biologi
      • Prodi Sarjana Biologi
      • Prodi Sarjana Pendidikan Biologi
      • Program Magister Pendidikan Biologi
    • Pendidikan IPA
      • Prodi Sarjana Pendidikan IPA
      • Program Magister Pendidikan Sains
      • Program Doktor Pendidikan IPA
  • JURNAL
  • PENJAMINAN MUTU
  • PPID
    • Profil PPID FMIPA
    • Struktur PPID FMIPA
    • Formulir Permohonan Informasi
    • Informasi Tersedia Setiap Saat
    • Daftar Informasi Publik
    • Informasi Wajib Berkala
  • Permohonan Informasi
  • SOP
  • Zona Integritas dan WBK
  • USAHA FMIPA
  • KEMAHASISWAAN
    • 2025

Breadcrumb

  • Home
  • Peningkatan Kualitas Pembelajaran Sains melalui Integrasi PjBL-STEM- IoT 3D-CIC: Kuliah Umum Jurdik Kimia dan Fisika Bersama Muhamad Furkan Mat Salleh, Ph.D, UiTM Malaysia

Peningkatan Kualitas Pembelajaran Sains melalui Integrasi PjBL-STEM- IoT 3D-CIC: Kuliah Umum Jurdik Kimia dan Fisika Bersama Muhamad Furkan Mat Salleh, Ph.D, UiTM Malaysia

By witono | 11:10 AM WIB, Mon November 25, 2024

Universitas Teknologi MARA (UITM) Shah Alam melakukan kunjungan ke Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta dalam rangka Guest Lecture. Kegiatan dilakukan pada hari Kamis (14/11/2024) di Ruang Sidang 3 FMIPA UNY. Kegiatan ini dilaksanakan berupa kuliah umum bagi para mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia dan Program Studi Pendidikan Fisika bersama Muhamad Furkan Mat Salleh, Ph.D, tentang topik ‘Integrated Project-Based Learning in STEM: The Case of IoT 3D-CIC’.

Dalam kuliah ini dibahas mengenai bagaimana integrasi Project-Based Learning (PjBL) dalam pembelajaran STEM dengan menggunakan IoT 3D-CIC. PjBL atau STEM merupakan pendekatan pembelajaran di dalam kelas. Konten sains dalam STEM dalam pembelajaran sains berkumlah minimal ada dua kombinasi, baik itu sains-teknologi, sains-engineering (teknik), sains-mathematics. Bagian terpenting dalam pembelajaran STEM adalah konteks sains itu sendiri, maka perlu memahami teori belajar situated-learning, constructivism theory.  

Teori konstruktivisme menjadi dasar penting dalam penerapan pembelajaran PjBL dan STEM. Teori konstruktivisme adalah teori pembelajaran yang berpendapat bahwa pengetahuan terbentuk dari pengalaman unik setiap individu. Teori ini menekankan pada proses membangun pengetahuan dan makna oleh siswa melalui keterlibatan aktif mereka.

Teori konstruktivisme merupakan teori pembelajaran yang menegaskan bahwa pengetahuan muncul dari pengalaman unik setiap individu. Teori ini menekankan proses dimana siswa mengkonstruksi pengetahuandan makna melalui partisipasi aktif. Siswa melakukan kontruksi teori melalui pemrosesan informasi pada otak, yang terlebih dahulu ditangkap oleh panca Indera, kemudian dihubungkan dengan aplikasi pengetahuan, dan melakukan aktivitas/praktek dalam kelas.

Namun pada kenyataannya, banyak kita jumpai pembelajaran di sekolah, guru hanya menekankan pada teori dan latihan soal, dan tidak menekankan pada praktek. Oleh karena itu, siswa di sekolah kurang aktif terlibat dalam pembelajaran sains. Pada dasarnya pembelajaran sains harus melibatkan keaktifan siswa untuk memecahkan masalah, salah satunya melalui pembuatan produk.

Teori Situated-cognition, penting dalam aktivitas pembelajaran untuk mengkontruksi pengetahuan siswa. Teori Social-contructvisim Vygotsky juga penting untuk mendukung interaksi antar siswa dalam kelompok. Ketika interaksi dan diskusi dalam satu kelompok, maka dapat membantu siswa memahami konteks sains. Kebalikannya, ketika hanya mendengarkan materi, para siswa tidak sepenuhnya fokus dan memahami materi yang disampaikan oleh guru, sehingga grup activity penting untuk diterapkan. Aktivitas kelompok akan membangkitkan interaksi dan sharing pengetahuan satu sama lain, sehingga ini penting dalam pembelajaran konteks.  

Dalam pembelajaran STEM juga tak kalah penting yaitu mengintegrasikan beberapa konten sains, misalnya fisika dan kimia. Pembuatan produk nyata oleh para siswa, yang merupakan hasil berpikir kritis. Siswa mendapatkan masalah nyata dari kehidupan menjadi tantangan untuk membuat produk sebagai solusi menyelesaikan permasalahan itu.

UiTM memiliki mata kuliah khusus dalam mengembangkan pembelajaran STEM, yaitu mata kuliah ‘integrated STEM education’, dan juga mengajarkan Internet of Thing (IoT). Para mahasiswa belajar IoT oleh dosen teknik mesin, dan juga diajarkan 3D-printing dengan menggunakan software.

Dalam mata kuliah tersebut, mahasiswa diminta mengintegrasikan tiga komponen (PjBL-STEM, IoT, dan 3D-Printing) yang diwujudkan dalam projek final mereka. Selama pembelajaran menggunakan 3D-printing, para mahasiswa tertarik pada projek ini. Pembelajaran ini diterapkan dalam bidang atau konteks sustainable aquaria, dan agriculture.

Harapannya melalui pembelajaran integrasi PjBL-STEM-IoT mengunakan 3D-Printing dapat menjadi inovasi untuk diterapkan dalam pembelajaran sains, serta turut meningkatkan kualitas pembelajaran sians di sekolah. (ratna/witono).

STUDI KAMPUS
KUNJUNGAN
SDGs #4 Pendidikan
#BERBAGIPENGETAHUAN
#PERGURUANTINGGI
#ZONAINTEGRITAS
#REFORMASIBIROKRASI

Berita Lain

Post date: Wed, 09/17/2025 - 13:07
Dorong Digitalisasi dan Kemandirian Pemuda Desa, PPK Ormawa BEM FMIPA UNY Gelar Workshop Pengelolaan Website Desa Prawatan
Post date: Wed, 09/17/2025 - 11:08
Workshop Eco Enzyme: Langkah Nyata FMIPA UNY Wujudkan Kampus Hijau
Post date: Wed, 09/17/2025 - 10:39
Gel Nano-Hidroksiapatit Berbasis Cangkang Keong Macan: Inovasi Biokomposit Kurma Ajwa/Siwak/Propolis untuk Remineralisasi Enamel Gigi
Post date: Mon, 09/08/2025 - 10:26
Kupas Tuntas Engineering Design, Visiting Professor: Dr. Yudhi dari University of Warwick, UK di FMIPA UNY
Post date: Tue, 09/02/2025 - 11:59
Tiga Mahasiswa Doktoral FMIPA UNY Raih Predikat Lulusan Terbaik
Post date: Tue, 09/02/2025 - 11:54
Untuk Pertama Kalinya, FMIPA UNY Luluskan 5 Doktor
Post date: Tue, 09/02/2025 - 11:45
FMIPA UNY Persembahkan 15 Lulusan Terbaik dari Prodi S1 dan S2
Post date: Fri, 08/29/2025 - 13:06
Kolaborasi Inovatif, Tim FMIPA UNY Kenalkan Pemanfaatan Tanaman Obat sebagai Antiseptik di Girirejo
Post date: Fri, 08/29/2025 - 11:23
FMIPA UNY Wisuda 747 Mahasiswa, Cetak Rekor Terbanyak
Post date: Mon, 08/18/2025 - 12:44
Perkuat Penjaminan Mutu, FMIPA UNY Terima Benchmarking Pascasarjana FMIPA UNESA

Pagination

  • Page 1
  • Next page next ›

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Dewan Pertimbangan Mahasiswa
  • Badan Eksekutif Mahasiswa
  • Himpunan Mahasiswa Matematika
  • Himpunan Mahasiswa Fisika
  • Himpunan Mahasiswa Kimia
  • Himpunan Mahasiswa Biologi
  • Himpunan Mahasiswa IPA
  • HANCALA (Pecinta Alam)
  • Haska (Kerohanian Islam)
  • SEKRUP (Teater, Seni)
  • KSI MIST (Penelitian)
  • BIONIC (UKM Pengamat Burung)
  • MIPA Creativepreneur Club

Kepala, Sekretaris Layanan Administrasi, dan UUIK

  • Kepala Layanan Administrasi
  • Sekretaris Layanan Administrasi
  • Unit Urusan Internasional dan Kemitraan

Kontak Kami

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Kampus Karangmalang
Jl.Colombo No. 1 Yogyakarta 55281,

Telp. 0274-586168 psw 217, 336
Telp. 0274-565411
FAX. 0274-548203
Email: humas_fmipa@ uny.ac.id

 

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY