FMIPA UNY Menjalin Kerjasama dengan International Islamic University Malaysia

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta (FMIPA UNY) menjalin kerjasama dengan Kulliyyah of Science International Islamic University Malaysia (IIUM) Kampus Kuantan. Kerjasama tentang mobilitas akademik, mobilitas penelitian dan teknis mobilitas teknologi pada periode 2022 hingga 2023 Acara penandatanganan Letter of Intent (LoI) dilaksanakan secara daring pada Rabu, 23/2/22.
Dekan FMIPA UNY, Prof. Dr. Ariswan, M.Si., dalam sambutannya mengatakan, kemitraan universitas memberikan sejumlah besar peluang bagi mahasiswa dan staf. Saya ingin mengambil kesempatan ini untuk memberdayakan akademisi, mahasiswa, atau staf kami dengan pengetahuan, keterampilan, nilai-nilai, dan sikap untuk mengatasi tantangan global yang saling berhubungan yang kita hadapi saat ini, melalui kolaborasi diseluruh dunia.
Seiring dengan peluang penelitian dan kesadaran budaya, kedua institusi dapat menawarkan pengalaman internasional, termasuk program studi di luar negeri dan pertukaran staf. Dari sisi pengajaran, manfaat yang didapat antara lain pengembangan kurikulum dan gelar yang dibentuk bekerja sama dengan lembaga mitra. Kemitraan tersebut telah memberikan kontribusi tanpa henti untuk kemajuan akademik dan ilmiah.
Sementara itu Dean of Kulliyyah of Science, Dr. Jesni Shamsul Shaari menjelaskan, internasionalisasi berkembang pesat, dengan saluran komunikasi tanpa hambatan dan perjalanan murah. Universitas-universitas diseluruh dunia sudah berusaha memanfaatkan kemungkinan yang ada dengan membentuk kemitraan global dan membina hubungan dengan institusi lain.
“Kulliyah of Science International Islamic University Malaysia sangat setuju bahwa Universitas siap untuk berkolaborasi dengan masyarakat dan organisasi lokal untuk mengatasi tantangan sosial, sementara rencana yang tepat menghasilkan kolaborasi yang bermakna, akan bervariasi berdasarkan komunitas tertentu”, tambahnya. (witono).