FMIPA UNY MENJALIN KERJASAM PELESTARIAN ANGGREK DENGAN FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS UDAYANA

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta (FMIPA UNY) menjalin kerjasama dengan Fakultas Pertanian Universitas Udayana Bali. Penandatanganan naskah kerjasama dilaksanakan, Kamis, 16/6/24 diruang siding FMIPA UNY. Kerjasama kedua belah pihak yaitu tentang program penelitian bersama tentang Penyelamatan dan Pengembangan Anggrek Varietas Baru Forma Bali
Dekan FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, Prof. dadan Rosana, M.Si., dalam sambutannya mengatakan, ini kesempatan kita untuk bersama-sama kita berkolaborasi. Kami pada prisipnya sangat terbuka untuk upaya kolaborasi, bekerjasama, berbagai macam kegiatan yang bias kita kerjakan bersama-sama.  Kami mempunya program S3, S2, dan S1, dan kita bias memetakan potensi-potensi yang bias kita kolaborasikan kedepannya.
Kami berharap jangan berhenti sampai di MoU,  tapi sampaik bagaimana kita bias bekerja bersama, melaksanakan implementasi dan terealisasi . Ini kesempatan bagi kita untuk mencoba mengembangkan masing-masing institusi kita (penilaian IKU). Kami terbuka untuk berdiskusi berkaitan dengan beberapa aspek yang mungkin ada kaitannya antara kegiatan-kegiatan yang bias dilakukan bersama seperti lab-lab riset di FMIPA UNY  maupun di Universitas Udayana, atau kegiatan-kegiatan lain.
Dekan Universitas Udayana, Dr. Gusti Ngurah Alit Susanta Wirya, S.P., M.Agr, mengatakan, Kami  sudah bersama dosen FMIPA UNY, yaitu Dr. Ixora Mercuriani melakukan penelitian pelestarian anggrek atas biaya dari pemerintah provinsi Bali melalui Badan Riset dan Inovasi Daerh tahun 2024. Di Bali adalah daerah wisata, jadi masalah bunga seperti anggrek harus kita jaga untuk mendukung pariwisata. Apalagi anggrek sekarang banyak diburu orang asing. Kalau tidak diselamatkan, nanti hanya cerita saja.
Saya berharap kerjasama ini tidak sebatas pada penelitian saja. Kita bias bekerjasam tentang hal-hal lain. Kerjasama ini merupakan awal dari kerjasama-kerjasama berikutnya.  (witono)