FMIPA UNY – AMINEF MEMBERIKAN PELATIHAN KE GURU-GURU DI DIY

Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta  (FMIPA UNY) bekerjasama dengan American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF) menyelenggarakan Workshop on Active Learning in the Sciences, Jumat, 22/4/16, di ruang sidang fakultas. Workshop diikuti oleh 20 guru dari berbagai sekolah di Yogyakarta, dan 20 mahasiswa. Narasumber untuk bidang Fisika yaitu Allen Price, Ph.D (Associate Professor at Emmanuel College Boston, USA) dan untuk bidang Biologi yaitu Ana R. Otero, Ph.D. DVM (Senior Lecturer at Emmanuel College Boston USA).
Pada kesempatan tersebut, Senior Program Officer AMINEF, Astrid F Lim kepada peserta workshop menjelaskan bahwa AMINEF adalah yayasan yang mengelola program beasiswa atau pertukaran pendidikan antara Indonesia dan Amerika. 
“Salah satu program kami yaitu mendatangkan tenaga-tenaga ahli dari Amerika untuk datang ke Indonesia baik mengajar atau meneliti dan berafiliasi dengan universitas ataupun lembaga pendidikan lainnya. Diantaranya yang sekarang ini ditempatkan di UNY sejak Januari sampai Juni 2016 nanti yaitu Allen Price, Ph.D dan Ana R. Otero, Ph.D. DVM. Semoga workshop ini bisa memberi nilai tambah dalam hal pembelajaran bagi kita semua ke depannya,” lanjutnya.   
Program lainnya dari AMINEF, menurut Astrid, yaitu mengirim orang Indonesia ke Amerika baik untuk melanjutkan kuliah S2 atau S3 ataupun program pertukaran non gelar baik yang ditujukan untuk guru-guru untuk melakukan training di Amerika selama sekitar 6 bulan. Ada juga program pertukaran pelajar/mahasiswa selama satu semester.
“AMINEF sangat mendukung pemberdayaan guru-guru di Indonesia supaya bisa meningkatkan kualitas dan terus bersaing di dunia pendidikan yang semakin ketat”, jelasnya.   
Sementara itu, Dekan FMIPA, Dr. Hartono menerangkan bahwa workshop ini hanya salah satu bagian dari kerjasama FMIPA dengan AMINEF. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan perkembangan pendidikan di Indonesia khususnya di Yogyakarta. Semoga kegiatan ini bisa ditularkan ke teman-teman guru di sekolah. (witono)