Apresiasi FMIPA Bagi Mahasiswa Berprestasi dan Pelepasan Delegasi ONMIPA-PT

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menggelar acara pemberian penghargaan prestasi bagi para mahasiswa. Para mahasiswa tersebut menunjukkan dedikasi dan prestasi di berbagai bidang, diantaranya Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) FMIPA, Mahasiswa Terprestatif per-Departemen Periode Januari-Maret Tahun 2024, dan Delegasi ONMIPA-PT. Pemberian penghargaan dilaksanakan Jumat, 19/4/24 di ruang siding fakultas.
Penghargaan Pilmapres diberikan kepada Asma’ Khoirunnisa’ dari Prodi Statistika, yang meraih juara 1,  juara 2 yaitu Nurul Fatihah dari Prodi Fisika, dan Juara 3 yaitu Nita Prasyama Azhari dari Prodi Pendidikan IPA.
Penghargaan prestasi juga diberikan kepada mahasiswa terprestatif per-departemen yang ada di FMIPA. Mahasiswa Terprestatif merupakan Mahasiswa yang memiliki jumlah prestasi terbanyak selama periode Januari-Maret Tahun 2024. Penilaian dilakukan melalui skema kategori dan kodifikasi prestasi mahasiswa yang dibuat oleh Tim Kemahasiwaan FMIPA. Departemen Pendidikan. Matematika, mahasiswa terprestatif 1 yaitu Adellyazhara Ayu Larasati , mahasiswa terprestatif 2 yaitu Aziz Putra Setyawan, dkk, mahasiswa terprestatif 3 yaitu Hajran Azbytama Winarya. Dari Departemen Pendidikan Biologi, (1, Muhammad Irfan Sutan, 2, Afifah Nur dkk, 3, Melisa Sekarlina). Departemen Pendidikan Fisika, (1, M. Rizky Hadiningrat, 2, Nurul Fatihah, 3, M. Miftahul Falah), Dari Departrmen Pendidikan Kimia, (1 Dian Narmada Asri, 2, Zulinda Ayu Andira, 3, yaitu Zahrah Azizah dkk). Sedangkan dari Departemen Pendidikan IPA, ( 1, Anik Ida W, 2, Choirrunisa, 3, Ermita Dewi).
Pada kesempatan tersebut sekaligus melepas delegasi ONMIPA-PT yang akan mewakili FMIPA UNY di tingkat nasional. Diharapkan, keberhasilan mereka diajang Olimpiade MIPA akan semakin mengangkat nama baik FMIPA UNY di kancah nasional. Bidang Biologi diwakili oleh 5 orang yaitu Akhmad Taufiq, Tri Budiyani, Atika Nurfaiza, Mahmud Ibnu, Laila Rahmawati. Bidang Fisika diwakili oleh M. Ramdhan Haikal, Ria Amelia, Faatih Ahnaf, Rahma Nabila, Tazkia Nur Afifah. Untuk bidang Kimia diwakili oleh Nurlaila Umi Hasanah, Rizki Damara, Hamzah Abdurrahman, Muh. Wahyu Hidayatullah, Mei Linda Pancarani. Sedangkan bidang Matematika diwakili oleh M. Farhan Yazid, Hafsah Aulia, M. Nadhif Zuhri, Daniel Alfonsos, dan Siti Roifah Kharismawati.
Wakil Dekan Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni FMIPA UNY, Dr Ali Mahmudi dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada para penerima penghargaan dan delegasi Olimpiade MIPA. Ali Mahmudi menekankan pentingnya semangat juang dan keberanian untuk terus berkembang dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan bangsa. Beliau juga mengucapkan terima kasih atas kerja keras dari semua pihak yang telah bekerja sama demi terus memajukan FMIPA UNY melalui prestasi dan karyanya.
“Saya berharap semangat ini terus berlanjut terkhusus bagi ormawa, harapannya selalu dapat menjadi inisiator bagi para pengurus dan anggotanya untuk senantiasa giat berkarya dan berprestasi dalam bidang apapun”, lanjutnya. (amri/witono)