Workshop Peningkatan Peluang Pendanaan Penelitian dan PPM Kemdikbudristek bagi Dosen FMIPA UNY

FMIPUniversitas Negeri Yogyakarta  menyelenggarakan Workshop Peningkatan Peluang Pendanaan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Kemdikbudristek bagi Dosen FMIPA UNY. Kegiatan dilaksanakan Sabtu, 9/3/24 di Hotel UNY. Hadir sebagai narasumber yaitu Dr. Ir. Darmono, M.T., dari Fakultas Teknik UNY yang memaparkan tentang pemahaman panduan pengajuan proposal pengabdian kepada masyarakat dan sharing praktik baik. Narasumber lainnya adalah Prof. Drs. Mudasir, M.Eng., Ph.D. dari UGM yang menyampaikan materi tentang pemahaman panduan pengajuan proposal penelitian dan sharing praktik baik.
Dalam paparannya Darmono, menyampaikan beberapa hal kelemahan yang sering terjadi dlam penyusunan proposal PKM DRTPM. Kelemahan itu seperti pengusul gagal paham karena tidak membaca panduan, proposal terlalu polos dan hanya memuat tulisan (narasi) sehingga tidak menarik, penulisan proposal tidak taat asas termasuk tidak memperhatikan kata kunci pada setiap subbagian proposal.
“Kelemahan lainnya, tim tidak multi disiplin, peran mitra tidak jelas, tidak menjelaskan peran masing-masing tim termasuk mahasiswanya, melanggar proporsi RAB untuk masing-masing pendanaan, tidak menyertakan surat pernyataan kerjasama dari mitra, RAB hanya digunakan untuk ATK, transpot, konsumsi, uang harian, dan semacamnya, serta luaran tidak jelas dan tidak meyakinkan Link URL atau alamat webnya dll”, sambungnya.
Sementara itu Prof. Mudasir menjelaskan  tentang skema penelitian dasar Penelitian dasar adalah sebuah studi sistematis yang diarahkan pada pemahaman yang lebih dalam untuk mendapatkan pengetahuan baru tentang aspek-aspek fundamental dari fenomena dan fakta-fakta yang dapat diamati, tanpa harus ada penerapan spesifik terhadap proses atau produk tertentu. Skema penelitian dasar diharapkan mampu menghasilkan produk ilmu pengetahuan dan teknologi dengan TKT 1-3. Luaran yang ditargetkan dari Skema Penelitian Dasar adalah publikasi artikel di jurnal bereputasi nasional (SINTA 1-6) hingga artikel di jurnal bereputasi internasional.  
“Skema penelitian dasar terdiri atas 6 ruang lingkup penelitian yaitu penelitian dosen pemula afirmasi, penelitian dosen pemula, penelitian pascasarjana, program magister menuju doctor sarjana unggul, penelitian fundamental, penelitian kerjasama dalam negeri, dan kolaborasi penelitian strategis”, pungkasnya. (witono).