Tim PPKO Himaki FMIPA UNY Lakukan Praktik Pemetakan Lahan di Desa Joho

Program Penguatan Kapasitas Ormawa (PPKO) Hima Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta melaksanakan praktik pemetaan lahan bersama gabungan kelompok tani (Gapoktan) di lahan milik warga Desa Joho, Prambanan, Klaten, Jawa Tengah. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kegiatan yang disusun oleh mahasiswa TIM PPK Ormawa Hima Kimia FMIPA UNY.
Haydar Ulfi Nur Fani salah satu anggota tim menjelaskan bahwa pemetaan lahan pertanian membantu dalam pengelolaan sumber daya alam yang terkait dengan kegiatan pertanian, seperti air, tanah, dan keanekaragaman hayati.
“Dengan memetakan distribusi dan keterkaitan sumber daya alam ini, dapat dirancang strategi pengelolaan yang berkelanjutan, termasuk penggunaan irigasi yang efisien, konservasi tanah, dan pengelolaan agroforestri”, katanya
Sementara itu Aura Heidya Septa, anggota lainnya mengungkapkan bahwa pemetaan lahan pertanian membantu mengidentifikasi berbagai jenis lahan yang ada, seperti lahan sawah, lahan perkebunan, lahan padang rumput, dan sebagainya. Hal ini memungkinkan para petani dan pengambil kebijakan untuk memahami karakteristik masing-masing jenis lahan dan menyusun strategi pengelolaan yang sesuai.
Dalam praktik pemetaan lahan ini, Bapak Hargo selaku PPL Kecamatan Prambanan, Klaten, Jawa Tengah menuturkan bahwa pemataan lahan ini berguna untuk mengetahui bagian lahan yang dimiliki oleh warga masyarakat Desa Joho agar tidak terjadi kesalah pahaman antara warga masyarakatnya. Selain itu pemetaan lahan tersebut berguna juga untuk mendapatkan pupuk subsidi dari pemerintah. (fani/septa/witono)