Asesmen Lapangan Prodi S2 Pendidikan Biologi FMIPA UNY

FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta menerima tamu asesor dari Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) dalam rangka Asesmen Lapangan Program Studi S2 Pendidikan Biologi. Asesor tersebut yaitu Prof. Dr. Muslimin Ibrahim, M.Pd., dari Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya dan Prof. Dr. Ainur Rofieq, M.Kes., dari Universitas Muhammadiyah Malang. Asesmen lapangan dilaksanakan Jumat-Sabtu (16-17/2/24) di ruang sidang fakultas.
Dekan FMIPA, Prof. Dr. Dadan Rosana, M.Si., dalam sambutannya mengatakan, asesmen lapangan merupakan puncak dari perjuangan dalam menyusun administrative LED dan laporan evaluasi sebagai wujud akuntabilitas dari sebuah program studi. Tentu tidak ada program yang sempurna, banyak hal-hal yang perlu diperbaiki. Kehadiran asesor sangat membantu meningkatkan kualitas program studi.
“Bukti kualitas dari prodi Pendidikan Biologi adalah beberapa dosen mendapat amanah menduduki jabatan yang lebih tinggi seperti Wakil Dekan bidang Riset, Kerjasama, Sistem Informasi, dan Usaha, Dr. Tien Aminatun, dan dosen lain yang mempunyai jabatan lainnya di UNY”, lanjut Dekan.
Dekan juga menjelaskan bahwa bulan depan (Maret) kita akan memulai pembangunan gedung Program Pascasarjana 4 lantai dan diagendakan bulan Oktober tahun ini selesai, sehingga fasilitas untuk Program Magister Biologi ini akan terpenuhi.
Disamping itu juga UNY mendapatkan dana hibah Revitalisasi PTNBH, dan itu FMIPA termasuk yang paling besar, sehingga itu yang kami gunakan untuk mempersiapkan peralatan untuk mendukung pembelajaran. Tahun ini mendapatkan 11 milyar. Karena prodi-prodi kami telah terakreditasi ASIIN sehingga selalu ada penambahan-penambahan komitmen kami untuk pembiayaan baik fasilitas laboratorium dan kegiatan yang dari tahun ke tahun konsisten untuk disiapkan.
Sementara itu Asesor 1 Prof. Muslimin Ibrahim dalam sambutannya mengatakan, Kami ditugasi oleh LAMDIK untuk melakukan pengamatan. Kita Santai saja dan tidak perlu tegang. Kita hanya mengkonfirmasi apa yang sudah diupload sehingga tidak ada kesalahan dalam pengambilan keputusan.  (witono)