Sosialisasi Pestisida Organik kepada Kelompok Tani Desa Joho

Program Peningkatan Kapasitas Ormawa (PPKO) Hima Kimia FMIPA UNY 2023 telah melaksanakan sosialiasi pestisida organik pada Sabtu, 9/9/23 di Aula Balai Desa Joho, Prambanan Klaten. Sosialisasi ini ditujukan kepadan Kelompok Tani di Desa Joho. Narasumeber pada acara ini, yaitu Bapak Hargo selaku PPL Kecamatan Prambanan. Beliau menyampaikan terkait Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) yang dapat merusak, menganggu kehidupan atau menyebabkan kematian pada tanaman, termasuk di dalamnya adalah hama, penyakit, gulma, dan virus.
Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) yang disosialisasikan antara lain pada tanaman Cabai yaitu lalat buah, kutu beul, ulat grayak, ulat buah, penggorok daun,dan lain sebagainya. selain pada tanaman cabai terdapat juga pada tanaman pisang yang menyebabkan penyakit pada tanaman pisang seperti tanaman layu, hasil buah yang kerdil, dan bercak pada daun.maka dari itu dilakukan sosialisasi pestisida organik dilakukan untuk mengatasi permasalahan-permasalahan terkait tanaman pertanian milik warga Desa Joho.
Hargo juga menyampaikan bahwa pestisida organik atau pestisida nabati dapat diperoleh melalui bahan-bahan alam yang banyak terdapat dilingkungan Desa Joho. Bahan-bahan alam yang dapat dibuat untuk pestisida nabati antara lain adalah daun bakau, daun sirsak, daun mimba, daun mindi, daun mojo, berfungsi untuk penolak hama (wereng/hewan) tanaman, untuk pengacau hormon hama, dan untuk merusak sistem saraf hama. Selain itu, untuk pengendali jamur dan bakteri dapat dibuat dari kunyit yang ditambahi dengan jahe.
Kegiatan sosialisasi ini diterima baik oleh kelompok tani (Poktan) Desa Joho. Antusiasme dari bapak bapak anggota poktan juga sangat terasa, salah satu dari beliau menyampaikan bahwa acara ini sangat bermanfaat karena memberikan wawasan tambahan mengenai pentingnya penggunaan pupuk organik. (anindya/suhaebi/witono)