Presentasi Proyek Digi-Doc dari Birmingham City University

FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta menerima kunjungan dari Birmingham City University (BCU) untuk mempresentasikan proyek Digi-Doc. Selain dari BCU hadir juga perwakilan dari Northeast Normal University Tiongkok,  Vietnam National University (VNU), Nguyen Tat Thanh University NTTU) Vietnam, HCMC University of Education Vietnam, London South Bank University, serta UNY Indonesia yang diwakili oleh Prof. Dr. antuni Wiyarsi.  Kegiatan dilaksanakan Selasa-Kamis (5-7/3/24) di FMIPA UNY.
Dalam presentasinya, Dr. Jane O’Connor, Deputy Director of Center for the Study of Research and Practice in Education (CSPACE), BCU, mengatakan, proyek ini didanai oleh British Council dan dipimpin oleh Birmingham City University. Proyek Digital Doktor Training Hub (Digi-Doc) menyatukan kemitraan Pendidikan Tinggi internasional di empat negara yaitu Inggris, Vietnam, Tiongkok dan Indonesia.
Digi-Doc bertujuan untuk menjajaki kemungkinan digitalisasi Doktor Pendidikan (EdD). BCU yang inovatif dan sukses untuk menyediakan program internasional yang disesuaikan dengan kebutuhan para professional pendidikan yang sibuk di Vietnam, Tiongkok, dan Indonesia. Digi-doc akan memberikan jalur yang mudah diakses dan inklusif menuju kualifikasi doktoral Proyek empat tahun 2020 – 2024
Digi-Doc terdiri dari beberapa elemen.  Program campuran internasional, EdD-I yang responsif terhadap kebutuhan guru di Vietnam, Tiongkok dan Indonesia dan dirancang untuk dilaksanakan secara kolaboratif antar mitra. Program pelatihan supervisor online Didi-Doc, yang mengacu pada program terakreditasi Inggris, yang mendukung pengembangan keterampilan dan keahlian terdepan dalam mengawasi 'penelitian yang mendekati praktik'
Komunitas internasional yang terdiri dari mahasiswa doktoral dan dosen pembimbing dengan komitmen bersama terhadap nilai penelitian 'dekat dengan praktik' seperti program EdD yang menjadi dasarnya, EdD-I akan menjadi program doktoral 4-6 tahun. Pada tahun 1 dan 2 mahasiswa mengikuti 4 modul yang diajarkan, diikuti pada tahun 3 dan 4 dengan 50.000 tesis yang berfokus pada tantangan yang muncul langsung dari praktik mahasiswa. (witono)