Muammer ÇALIK dari Trabzon University, Turkey Menjadi Narasumber Webinar jurdik kimia UNY

Prof. Dr. Muammer ÇALIK,  professor dalam bidang pendidikan kimia yang memiliki reputasi sangat baik dalam publiksai menjadi pembicara dalam seminar secara online (Webinar) yang diselenggarakan oleh Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA UNY. Webinar series diselenggarakan untuk memperingati dies natalis jurusan ke-64 yang melibatkan alumni dan mitra.  Melalui kegiatan ini, diharapkan semua civitas akademika di Jurusan Pendidikan Kimia dan  dapat memperoleh transfer pengetahuan, keterampilan serta pengalaman yang bermanfaat dalam mengembangkan pendidikan kimia dan perkuliahan kimia, meningkatkan wawasan dan keterampilan sebagai peneliti. 
Webinar series 1 yang dilaksanakan Jumat 2/10/20 via platform Zoom cloud ini diikuti oleh kurang lebih 200 peserta dari berbagai kalangan seperti mahasiswa, guru, dosen serta pemerhati pendidikan dari berbagai institusi. Webinar series 1 ini mengusung tema ‘Research Method in Chemistry Education’ . Pembicara lainnya yaitu Dr. Harry Firman dari UPI Bandung.
Muammer ÇALIK menyampaikan materi tentang ‘systematic review in chemistry education’. Sistematik review merupakan salah satu metode penelitian untuk meninjau penelitian yang sudah ada dan merupakan bentuk penelitian sekunder. Penelitian ini memiliki banyak manfaat seperti memberikan gambaran tentang topik penelitian tertentu, menyusun klaim dan area riset yang belum dieksplor serta menjadi panduan mengembangkan penelitian di masa depan terkait topik yang dikaji seperti Socio-scientific issue (SSI). 
“Tiga hal yang paling penting dalam sistematik review adalah framework untuk analisis, prosedur memilih paper and pengkodean serta sintesis. Beberapa tema sistematik review yg sudah dipublikasi Prof, Muammer seperti topik kimia larutan, argumentasi, pembelajaran kimia berbasis konteks dan keterampilan proses sains”, lanjutnya. 
Muammer ÇALIK menambahkan, penyampaian materi sistematik review ini membuka wawasan baru bagi peserta dimana penelitian dan publikasi tentang ini belum popular di Indonesia, khususnya untuk bidang pendidikan kimia dan sains. 
Pembicara kedua, Harry Firman menyampaikan materi tentang ‘Design Development Research/DDR)’. “Ini merupakan paradigm baru dalam penelitian terutama terkait dengan penelitian pengembangan. DDR ada dua tipe, DDR tipe 1 khusus untuk mengembangkan bagian dari alat pembelajaran spt media, bahan ajar atau kit laboratorium. Adapun DDR tipe 2 lebih tinggi karena untuk pengembangan model (berisi berbagai komponen)”, katanya. 
Penelitian ini sangat bermanfaat dalam mengatasi kesenjangan antara teori dan belum adanya perangkat yang aplikatif untuk melaksanakan pembelajaran kimia. Paradigma DDR memperkaya wawasan peserta tentang penelitian pengembangan selain paradigm Borg & Gall. (uni&witono)