Mahasiswa UNY Buat Kometri ( Koko Motif Perca Geometri )

Dalam industri baju koko sendiri, memang sudah banyak di Yogyakarta. Tetapi memang desain yang ditawarkan masih terkesan monoton dan sering terjadi produksi massal sehingga banyak sekali satu jenis koko yang dipakai banyak  orang  dalam  satu  tempat.  
Melihat peluang usaha ini, maka mahasiswa UNY yang terdiri Agung Purnomo dari Prodi Fisika, Anis Ulfah Mustaqim dari prodi Matematika, Dwi Sugianti dari prodi Pendidikan Biologi, dan Mita Rahayu dari prodi Teknik Busana membuat Kometri ( Koko Motif Perca Geometri )
Menurut Agung. dengan alasan peluang usaha yang cukup besar ini, kami mengembangkan suatu desain baru dari baju koko dari kain perca (sisa jahitan) untuk menjadi motif  baru pada baju koko. Hal  ini akan mendukung perkembangan pemakaian baju koko di masyarakat karena tak jarang orang sungkan memakai baju koko karena banyak baju yang “kembar”.
Kata Dia, selain murah baju koko ini juga diwarnai dengan nilai-nilai matematis, yaitu bentuk-bentuk kain perca akan disesuaikan  dengan  bentuk  geometris  yang  cenderung  sederhana,  mudah dibuat  seperti lingkaran, kotak, segitiga, oval, dan contoh lainnya.
“Dalam upaya  mengembangkan produk wirausaha “Koko  Motif Perca Geometri” pada variasi   perkembangan mode koko, motif perca geometri mempunyai peluang yang tinggi. Diantaranya limbah pabrik konveksi tersebut dapat didaur ulang secara maksimal dalam industri kreatif, sebagai alternatif pembuatan koko muslim,” Lanjut Dia.
Dijelaskan pula, proses pemasaran dilakukan dengan empat pilar yaitu facebook dengan membuat  fanspage dan mengupload foto, kemudian dengan web yaitu membuat  web  dari   produk  yang  beralamat ttp://koko-motif-perca- geometri.weebly.com/. Sedang  untuk  promosi langsungnya mencakup door to door  dan pembuatan  leaflet. (witono)