FMIPA UNY MENYELENGGARAKAN 10th ICRIEMS DAN MUSYAWARAH AMLI 2023

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta (FMIPA UNY) menyelenggarakan 2 kegiatan sekaligus yaitu The 10th International Conference on Research, Implementation, and Education of Mathematics and Science 2023 (10th ICRIEMS 2023) dan Musyawarah Asosiasi MIPA LPTK Indonesia (AMLI 2023). Kegiatan diselenggarakan selama 2 hari yaitu Kamis-Jumat (10-11/8/23). ICRIEMS dilaksanakan di Eastparc Hotel Yogyakarta, sedangkan Musyawarah AMLI di UNY Hotel.
ICRIEMS dengan Accelerating The Global Advancement of Education, Sciences, And Technology to Accomplish Sustainable Development Goals diikuti 298 peserta yang sebagian adalah para delegasi dari 12 LPTK yang tergabung dalam AMLI. Para pembicara utama dalam seminar tersebut yaitu Professor Amy Cutter-Mackenzie-Knowles dari Australia, Professor Seeram Ramakrishna (Singapura), Daniel Clark Orey, Ph.D., (Brasil), Dr. Mohd Faudzi Umar (Malaysia), Professor Millton Rosa (Brasil), Dr. Jose Hanham (Australia), Professor Muammer Calik, Ph.D., (Turkiye), dan Prof. Dr. Endang Semiarti (UGM, Indonesia). Selain itu ada 10 pembicara lainnya dalam seminar tersebut.
Acara dibuka dengan pemukulan gong oleh Prof. Dr. Margana, M.Hum., M.A., Wakil Rektor Bidang  Riset, Kerjasama, Sistem Informasi dan Usaha didampingi oleh Dekan FMIPA, Prof. Dr. Ariswan, M.Si., dan Ketua AMLI Prof. Dr. Muktiningsih Nurjayadi., M.Si. Setelah pemukulan gong
Diperagakan permainkan "Othok-Othok" oleh para Dekan 12 LPTK, dan Keynote Speaker.
Dalam sambutannya, Prof. Margana menyampaikan bahwa diharpakan konferensi ini membawa manfaat bagi semua peserta dan berkontribusi pada kehidupan ilmiah, metode pertanian dan peningkatan produktivitas pertanian, peningkatan keamanan pekerjaan rumah tangga, dan lain-lain.
“Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan bangsa dalam ilmu pengetahuan, teknologi, dan inovasi serta penerapannya yang efektif dalam dimensi ekonomi, pendidikan, dan lainnya, harus menjadi perhatian utama”, lanjutnya
Lebih lanjut dikatakan, merujuk pada permasalahan di atas, FMIPA UNY dengan MIPA LPTK terus merespon secara intens meningkatkan mahasiswa untuk terjun ke masyarakat 5.0 dan revolusi industri 4.0 seiring dengan kemajuan teknologi dengan memanfaatkan big data, internet of think ( IoT), kecerdasan buatan, dan lainnya untuk mendapatkan kehidupan manusia yang lebih baik.
Sementara itu, Prof. Muktiningsih dalam sambutannya mengatakan pertemuan ini dapat dijadikan sebagai suatu yang sangat berharga, momen untuk membicarakan hal-hal yang sangat mendesak sesuai dengan dinamika pembangunan di era Merdeka Belajar dan Kampus Mandiri (MBKM) dan Pergeseran Status Perguruan Tinggi di lingkungan AMLI dari BLU (Layanan Publik Dikti) ke PTNBH. Kami juga dapat menggunakan forum ini sebagai wadah untuk mendiskusikan ide-ide inovatif dan kreatif menuju AMLI yang diakui secara internasional dengan tetap mengedepankan kearifan lokal dimiliki oleh masing-masing lembaga. (witono)