Mengulik Profil dan Pentingnya Literasi Kimia bagi Siswa SMA

Saat ini literasi kimia sudah menjadi isu yang penting untuk dibahas, membuat peserta didik sadar terhadap manfaat literasi, menjadi tujuan utama bagi pendidik, ilmuwan, serta pemangku kebijakan kurikulum. Literasi kimia penting bagi peserta didik karena menjadi bekal peserta didik mengambil keputusan, membuat peserta didik lebih kritis, kreatif, dan membantu mereka dalam memecahkan masalah sehari-hari atau fenomena alam berdasarkan pengetahuan mereka.
Berangkat dari pentingnya literasi kimia saat ini, Faiz Ilham Pratama, S.Pd. (Mahasiswa S2-Pendidikan Kimia) didampingi dengan Prof. Dr. Eli Rohaeti, M.Si selaku dosen pembimbing tesis. melakukan penelitian dengan judul “Senior High School Students' Chemical Literacy Ability on Chemical Equilibrium: A Case of Coral Reefs Topic”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil literasi kimia peserta didik SMA pada materi kesetimbangan kimia.
Faiz mengungkapkan, hasil dari penelitian ini adalah sebuah artikel ilmiah yang di-submit di 10th International Conference on Research Implementation and Education of Mathematics and Science 2023 (ICRIEMS 2023) yang diselenggarakan oleh Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta dan mendapatkan predikan “Best Presenter” pada kategori Chemistry Education.
“Hasil dari penelitian ini adalah profil kemampuan literasi kimia peserta didik SMA berada pada taraf sedang (61.3125%). Modifikasi pendidikan seperti menggunakan media pembelajaran berbasis literasi kimia, menggunakan strategi yang tepat, dan mengembangkan soal literasi kimia diperlukan untuk meningkatkan kemampuan literasi kimia peserta didik SMA” , ungkapnya. (witono)