Mahasiswa UNY Mengikuti Ajang ON MIPA-PT 2022

Sebanyak 20 mahasiswa UNY mengikuti Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Tingkat Perguruan Tinggi (ON MIPA-PT). Kegiatan tersebut diprakarsai oleh Direktorat Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional. Meskipun bidang yang diujikan adalah bidang matematika, fisika, kimia dan biologi akan tetapi peserta yang mengikuti tidak dibatasi dari mahasiswa FMIPA saja, sehingga mahasiswa dari luar FMIPA juga dapat berpartisipasi.  Peserta masing-masing bidang sebanyak 5 orang. Seleksi tingkat wilayah dilaksanakan Kamis -  Jumat, 28-29 Juli 2022 secara daring. Mahasiswa UNY menggunakan Lab Matematika Gedung IDB sebagai tempat seleksi.
Pembimbing ON MIPA-PT UNY, Khafidh Nur Aziz, M.Sc., mengatakan, ON MIPA-PT terdiri dari tiga tahapan. Tahap I yaitu seleksi per bidang untuk masing-masing perguruan tinggi dan akan dipilih 5 mahasiswa perwakilan per bidang masing-masing perguruan tinggi yang maju ke Tahap II (tingkat wilayah). Seleksi Tahap III (tingkat nasional) akan diikuti oleh mahasiswa setiap bidangnya yang terdiri dari juara I hasil seleksi tahap II KN MIPA-PT tingkat wilayah, peserta terbaik dari PTS di masing-masing wilayah, dan mahasiswa peraih nilai tertinggi seleksi Tahap II (selain juara I tingkat wilayah) secara keseluruhan untuk memenuhi kuota maksimal.
Pada tahap III, penghargaan akan diberikan kepada 20 mahasiswa terbaik per bidang dengan pengelompokan 3 peraih medali emas, 5 peraih medali perak, 7 peraih medali perunggu; dan 3 honourable mention
“Prestasi yang diraih oleh mahasiswa UNY dalam kurun waktu 7 (tujuh) tahun terakhir yaitu pada tahun 2018 dan 2020 tercatat terdapat perwakilan UNY yang masuk dalam Tahap III. Pada tahun 2020 salah satu mahasiswa UNY dari bidang Fisika mendapatkan penghargaan Medali Perak”, . (witono)