Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Yogyakarta menerima kunjungan dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jember dalam rangka benchmarking pengembangan kurikulum Program Studi Pendidikan Matematika, pada Kamis (23/10/2025) di Ruang Ujian 4 Gd. Magister dan Doktoral FMIPA UNY. Kegiatan dan dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Riset, Kerjasama, Sistem Informasi dan Usaha, Kepala KUIK FMIPA UNY, Kaprodi S1, S2, S3 Pendidikan Matematika FMIPA UNY, dosen, serta perwakilan Program Studi Matematika FKIP Universitas Jember.
Dalam sambutannya, Wakil Dekan Bidang Riset, Kerjasama, Sistem Informasi dan Usaha FMIPA UNY, Dr. Pujianto, M.Pd. menyampaikan bahwa kegiatan ini menjadi ajang untuk saling berbagi praktik baik dalam pengelolaan kurikulum dan pelaksanaan pembelajaran.
“FMIPA UNY memiliki Program Studi Pendidikan Matematika dari jenjang S1, S2, hingga S3. Kami terus mengembangkan berbagai model perkuliahan, dan para dosen juga berperan sebagai validator, penguji, maupun pembimbing bagi dosen dari universitas lain. Kami berharap kegiatan ini menjadi semangat dan motivasi untuk memperkuat kerja sama dengan FKIP Universitas Jember,” ungkapnya.
Lebih lanjut, Dr. Pujianto juga menambahkan bahwa FMIPA UNY terus menyesuaikan kurikulum berdasarkan visi keilmuan prodi dengan pembagian kelompok mata kuliah pembelajaran dan non-pembelajaran. Selain itu, penguatan dilakukan melalui bahan ajar berbasis riset, penambahan mata kuliah teknologi pembelajaran, serta kekhasan fakultas seperti Wawasan Sains.
Sementara itu, Kaprodi S3 Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jember, Dr. Erfan Yudianto, M.Pd., menyampaikan apresiasi atas sambutan dan keterbukaan FMIPA UNY.
“Kami memilih UNY sebagai tujuan benchmarking karena melihat adanya keunggulan dan kekhasan dalam kurikulumnya. Beberapa mahasiswa S1 kami juga telah berkunjung ke sini dalam program MBKM. Kami ingin memperluas kerja sama dalam bentuk Implementation Agreement di bidang kurikulum dan riset,” ujarnya.
Kegiatan ini juga menjadi refleksi bersama untuk menjajaki bentuk kolaborasi yang lebih konkret antara kedua institusi, baik dalam bidang pengembangan kurikulum, penelitian, maupun peningkatan kualitas pembelajaran.
Melalui kegiatan benchmarking ini, FKIP Universitas Jember dan FMIPA UNY sepakat untuk terus memperkuat sinergi dalam membangun pendidikan tinggi yang adaptif dan inovatif. Upaya ini sekaligus mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs#4) Pendidikan, serta SDGs#17 Kemitraan, 9, yaitu kerjasama di bidang pendidikan, pengajaran, dan pengabdian kepada masyarakat antara FMIPA UNY dan FKIP Universitas Jember, khususnys prodi Pendidikan Matematika. Harapannya kegiatan ini dapat menjadi sarana dalam meningkatkan kuliatas dan memberikan inovasi untuk saling melengkapi di antara kedua belah pohak. (ratna/witono).