Tim PPKO Haska JMF FMIPA UNY melaksanakan Program Rumah Pintar di Desa Giring, Paliyan, Gunung Kidul

Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa (PPK Ormawa) adalah program penguatan kapasitas organisasi mahasiswa (ormawa) melalui serangkaian proses pembinaan ormawa oleh Perguruan Tinggi yang diimplementasikan dalam program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat. Program ini dilaksanakan selama 3 bulan dari Agustus-Oktober. Himpunan Aktivitas Kajian Agama Jamaah Musala Al-Furqan (Haska JMF) merupakan salah satu organisasi mahasiswa yang lolos pendanaan PPKO 2023. Haska JMF melalui program ini mengusung tema “Giring Masbatik (Mandiri, Sehat, Berbudaya, Cerdas Literasi dan Teknologi): Rintisan Rumah Pintar Guna Meningkatkan Peran Pemuda di Desa Giring”.  
Alfi Syahril dari Haska JMF mengatakan, Desa Giring merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Paliyan, Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Desa ini memiliki banyak potensi yang belum dioptimalkan, diataranya adalah banyaknya Sumber Daya Manusia (SDM) usia produktif, kentalnya nilai budaya desa dan kondisi yang cocok untuk berternak. Selain itu, desa ini juga memiliki beberapa permasalahan yang perlu untuk diselesaikan, yakni rendahnya kesadaran penjagaan kesehatan pada remaja dan rendahnya taraf pendidikan yang diikuti dengan rendahnya literasi.  
“Melihat potensi dan permasalahan tersebut, Haska JMF merancang program Rumah Pintar yang bergerak dalam 5 bidang, yaitu Kesehatan Ternak, Kesehatan Masyarakat, Budaya, Literasi dan Teknologi. Program rumah pintar bertujuan untuk memberikan edukasi kepada anak muda agar mengoptimalkan perannya di bidang masing-masing. Harapannya program ini dapat bermanfaat bagi pemuda desa Giring secara berkelanjutan”, lanjutnya
Pembukaan PPKO Haska JMF dilaksanakan pada hari Sabtu, 19 Agustus 2023 di Balai Kalurahan Giring. Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Arwan Nur Ramadhan, S.Pd., M.Pd. selaku Staff Ahli Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Anna Rakhmawati, S.Si., M.Si. selaku pembina, dan jajaran pimpinan kelurahan.
Anwar Nur Ramadhan menyampaikan, bahwa pemuda desa Giring cukup antusias menyambut program ini, karena dirasa sangat dibutuhkan untuk pengembangan potensi pemuda. Arwan juga berharap agar program tersebut bisa memberikan kebermanfaatan dan berlanjut hingga tahun-tahun berikutnya. (alfi/witono)