Skip to main content

   Indonesia   |    English

CAPTCHA
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.
Silakan masukkan jawaban pada kotak yang telah disediakan
  • Reset your password
Home

Main navigation

  • BERANDA
  • PROFIL FMIPA
    • Sejarah Singkat
    • Visi Misi
    • Pimpinan
    • Pimpinan
    • Laporan Dekan
    • Renstra
  • KERJASAMA
    • Guest Lecturer
    • Lembaga/instansi pemerintah/non pemerintah
    • Pertukaran Mahasiswa
    • Visiting Professor
    • Laporan dan Evaluasi Kerjasama
    • Struktur Organisasi UUIK FMIPA UNY
  • DEPARTEMEN
    • Pendidikan Matematika
      • Prodi Sarjana Matematika
      • Prodi Sarjana Pendidikan Matematika
      • Prodi Sarjana Statistika
      • Program Magister Pendidikan Matematika
      • Program Doktor Pendidikan Matematika
    • Pendidikan Fisika
      • Prodi Sarjana Fisika
      • Prodi Sarjana Pendidikan Fisika
      • Program Magister Pendidikan Fisika
    • Pendidikan Kimia
      • Prodi Sarjana Kimia
      • Prodi Sarjana Pendidikan Kimia
      • Programi Magister Pendidikan Kimia
      • Program Doktor Pendidikan Kimia
    • Pendidikan Biologi
      • Prodi Sarjana Biologi
      • Prodi Sarjana Pendidikan Biologi
      • Program Magister Pendidikan Biologi
    • Pendidikan IPA
      • Prodi Sarjana Pendidikan IPA
      • Program Magister Pendidikan Sains
      • Program Doktor Pendidikan IPA
  • JURNAL
  • PENJAMINAN MUTU
  • PPID
    • Profil PPID FMIPA
    • Struktur PPID FMIPA
    • Formulir Permohonan Informasi
    • Informasi Tersedia Setiap Saat
    • Daftar Informasi Publik
    • Informasi Wajib Berkala
  • Permohonan Informasi
  • SOP
  • Zona Integritas dan WBK
  • USAHA FMIPA
  • KEMAHASISWAAN
    • 2025

Breadcrumb

  • Home
  • Staff Pengajar Departemen Pendidikan Biologi FMIPA UNY mendapatkan OCELOTS Education Scholar 2024

Staff Pengajar Departemen Pendidikan Biologi FMIPA UNY mendapatkan OCELOTS Education Scholar 2024

By witono | 3:45 PM WIB, Thu June 27, 2024

Departemen Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY, pada tahun 2024 tergabung bersama Faculty Mentoring Network – Online Content for Experiential Learning of Tropical Systems (FMN - OCELOTS) dalam kajian ekologi tropis melalui seorang staff pengajarnya. Rio Christy Handziko, S.Pd.Si., M.Pd. mendapatkan kesempatan untuk mengikuti Program ESA-QUBES FMN - OCELOTS 2024 melalui platform daring. FMN – OCELOTS adalah sebuah program mentoring selama kurang lebih 5 bulan untuk dosen yang mengampu mata kuliah yang berhubungan dengan ekologi tropika dan peneliti dibidang Ekologi Tropika. Program ini didanai oleh National Science Foundation (NSF) USA, dengan penyelenggara utama yaitu Iowa State University (ISU) dan University of Michigan (IoM) di Amerika.
Dalam program ini kerjsama juga dijalin bersama dengan Ecological Society of America (ESA) dan Quantitative Undergraduate Biology Education and Synthesis (QUBES) yang mengembangkan platform online untuk digunakan oleh seluruh peserta kegiatan ini. Program ini diselenggarakan secara rutin di setiap tahunnya, dengan kuota peserta yang berbeda-beda disetiap tahun penyelenggaraannya.  
Rio Christy mengatakan, pada ESA-QUBES FMN - OCELOTS 2024, diikuti oleh 10 peserta dari beberapa negara diantaranya United States of America, Brazil, Philippines, Chile, India dan Indonesia. Pada program ini peserta diajak berdiskusi bersama untuk menyusun kurikulum kelas Ekologi yang disesuaikan dengan kurikulum ekologi dari ESA, serta didorong untuk menyelenggarakan kelas di universitasnya masing-masing dengan mengaplikasikan sebuah modul studi kasus atau disebut modul OCELOTS melalui platform interaktif https://www.learngala.com yang telah dikembangkan oleh ESA – QUBES. Peserta juga diberi kesempatan untuk memodifikasinya dengan konteks lokal di negara masing-masing. Pada kesempatan ini, sdr Rio C. Handziko yang sudah mengantongi sertifikasi penyelaman di perairan terbuka dari Scuba School International dengan specialty Coral Reef Identification dan Fish Identification mengangkat studi kasus mengenai ekosistem laut tropis, terutama pada ekosistem terumbu karang. Studi kasus OCELOTS yang diajukan berjudul “Did you think the coral reef ecosystem has no sounds?, interpreting sounds in a coral reef” pada link berikut, https://qubeshub.org/community/groups/ocelots/publications?id=4864&v=1.
FMN OCELOTS dalam program mentoring ini memiliki tujuan untuk dapat mengkonversi hasil penelitian di bidang Biologi Tropika menjadi studi kasus yang lebih mudah dipahami dan diaplikasikan secara interaktif dan inovatif di kelas. Pembelajaran juga dilakukan secara terbuka sehingga dapat diakses oleh siapapun dan dimanapun. Lebih jauh, aplikasi modul studi kasus juga diharapkan dapat mengungkap perspektif budaya lokal dan khas geografis di negara masing-masing.
“Pada proses mentoring, peserta juga difasilitasi untuk menyusun lesson plan dengan pendekatan studi kasus lingkungan dan pedagogi. Proses pertemuan dilakukan secara daring dan dihadiri oleh mentor dari Iowa State University (ISU) dan University of Michigan (IoM) serta peserta mentoring lainnya. Pertemuan daring ini dilakukan setiap 2 pekan sekali untuk berdiskusi bersama dan saling memberikan masukan terkait rencana implementasi, sharing pengalaman mengajar dan modul pengajaran yang akan digunakan. Diskusi ini diakhiri dengan rencana publikasi modul pengajaran dan kolaborasi sesama peserta. Peserta mentoring yang sudah menyelesaikan semua tugas dan mencapai target implementasi kemudian berhak memperoleh sertifikat Education Scholar, stipend, serta diarahkan untuk menjadi mentor bagi peserta FMN - OCELOTS ditahun berikutnya. Peserta yang menyelesaikan program ini dengan baik juga mendapatkan kesempatan untuk mengikuti program pengembangan modul studi kasus melalui program modul Inkubator”, lanjutnya.
Pada proses mentoring ini, modul studi kasus dan rencana proses pembelajaran yang didiskusikan kemudian diimplementasikan pada proses perkuliahan di kelas Biologi laut. Secara umum kelas implementasi dari FMN – OCELOTS di departemen Pendidikan biologi UNY ini memiliki tujuan untuk peningkatan kompetensi mahasiswa pada literasi kelautan dan interkoneksinya dengan literasi iklim. Instrument kedua literasi yang digunakan berasal dari National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) dan the American Association for the Advancement of Science (AAAS) yang merumuskannya bersama dengan National Marine Educators Association (NMEA) dan North American Association for Environmental Education (NAAEE).
Rio Christy juga menjelaskan bahwa keikutsertaan Departemen Pendidikan Biologi, UNY dalam kegiatan ini mengindikasikan adanya komitmen yang kuat untuk dapat mengembangkan pendidikan dan penelitian dibidang Biologi, khususnya pada ekosistem tropis. Hal ini juga sekaligus mendukung pencapaian kemampuan literasi terutama pada literasi kelautan dan literasi iklim. Dengan ini, diharapkan pengalaman dan pengetahuan yang didapat dalam program ini dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam peningkatan efektifitas dalam pembelajaran biologi dan sebagai bagian dari upaya melestarikan ekosistem tropis di masa kini dan mendatang. Lebih jauh lagi, harapan dari adanya perkuliahan ini, adalah menghasilkan mahasiswa yang terliterasi dengan baik pada kelautan, mengingat Indonesia adalah negara maritim dan terliterasi dengan baik pada perubahan iklim yang kita hadapi saat ini. Informasi terkait pendaftaran dan seleksi program mentoring dapat diakses ditautan berikut https://qubeshub.org/community/groups/ocelots.  (witono)

Kegiatan
#ZONAINTEGRITAS
#REFORMASIBIROKRASI

Berita Lain

Post date: Thu, 10/02/2025 - 10:44
UNY Laksanakan Model Mitigasi Holistik untuk Perkuat Resiliensi Calon Guru SD
Post date: Thu, 10/02/2025 - 09:46
Mewujudkan Asta Cita Melalui Pemberdayaan Ibu-Ibu PKK dalam Pengolahan Sampah Organik Rumah Tangga menjadi Suplemen Cair untuk Tanaman berbasis Carbon Nanomaterials
Post date: Wed, 10/01/2025 - 08:40
Belajar di Hilir, Bergerak dari Hulu: Aksi Pemuda Wujudkan Bantul Bersih Sampah
Post date: Tue, 09/30/2025 - 15:45
FMIPA UNY Gelar Yudisium Periode September 2025, Puluhan Lulusan Siap Sukses Berkarya
Post date: Tue, 09/30/2025 - 14:15
Pendampingan PKP2 P2MW 2025: FMIPA UNY Cetak Generasi Wirausaha Muda
Post date: Mon, 09/29/2025 - 13:55
FMIPA UNY Gelar Seminar Nasional Pendidikan IPA 2025: Penguatan Kearifan Lokal dan Literasi Sains Global
Post date: Mon, 09/29/2025 - 11:16
Kembangkan Inovasi Pendidikan, Tim PkM FMIPA UNY Gelar Workshop Deep Learning untuk Pembelajaran Matematika
Post date: Mon, 09/29/2025 - 09:56
Peran Statistika Dalam Membuktikan Keefektivitasan Zine Therapy di Sekolah Inklusi
Post date: Fri, 09/26/2025 - 15:46
Dari Limbah Jadi Obat: Mahasiswa FMIPA UNY Sulap Kulit Bawang Merah Jadi Antivirus Hepatitis C
Post date: Tue, 09/23/2025 - 13:52
FMIPA UNY Gelar Seleksi ON-MIPA Wilayah Tahun 2025: Ajang Prestasi Mahasiswa Menuju Tingkat Nasional

Pagination

  • Page 1
  • Next page next ›

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Dewan Pertimbangan Mahasiswa
  • Badan Eksekutif Mahasiswa
  • Himpunan Mahasiswa Matematika
  • Himpunan Mahasiswa Fisika
  • Himpunan Mahasiswa Kimia
  • Himpunan Mahasiswa Biologi
  • Himpunan Mahasiswa IPA
  • HANCALA (Pecinta Alam)
  • Haska (Kerohanian Islam)
  • SEKRUP (Teater, Seni)
  • KSI MIST (Penelitian)
  • BIONIC (UKM Pengamat Burung)
  • MIPA Creativepreneur Club

Kepala Bagian Tata Usaha, Sekretaris Tata Usaha, dan UUIK

  • Kepala Layanan Administrasi
  • Sekretaris Layanan Administrasi
  • Unit Urusan Internasional dan Kemitraan

Kontak Kami

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Kampus Karangmalang
Jl.Colombo No. 1 Yogyakarta 55281,

Telp. 0274-586168 psw 217, 336
Telp. 0274-565411
FAX. 0274-548203
Email: humas_fmipa@ uny.ac.id

 

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY