Mahasiswa FMIPA UNY Buat Modul Elektronik Berbasis Blog Mengenai Kenekaragaman Fitoplankton

Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi FMIPA UNY yang tergabung dalam tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) berhasil membuat modul elektronik berbasis blog mengenai kenekaragaman fitoplankton di Waduk Tambakboyo Sleman untuk Pengayaan Materi Protista Kelas X SMA. Mereka adalah Aulia Novita Irmmal, Ana Fitri Apriliyani, Yuyun Nailufa, dan Novi Nuryanti.
Ketua tim, Novita, mengatakan, waduk  merupakan tempat hidup berbagai komunitas organisme perairan termasuk plankton. Plankton merupakan biota yang hidup di daerah pelagik (perairan yang landai) yang mengapung, menghanyut atau berenang sangat lemah dan tidak mampu melawan arus.
Materi mengenai fitoplankton terdapat pada pokok bahasan Protista mirip tumbuhan (algae) di dalam pembelajaran kelas X SMA. Untuk materi Pengayaan maka penting bagi siswa untuk mengetahui Kenekaragaman fitoplankton yang ada di sekitarnya untuk mendukung KTSP yang mengembangkan potensi lokal.
Dijelaskan, waduk atau embung tambakboyo di Sleman Yogyakarta, merupakan potensi lokal yang dimiliki oleh Yogyakarta untuk mengembangkan sumber belajar biologi. Maka perlu media yang tepat untuk mewujudkannya berupa media pembelajaran yang sesuai. Dalam hal ini media pembelajarn tersebut berbentuk modul elekronik dalam bentuk blog yang dapat diakses melalui internet.
Dalam penyusunan media pembelajaran dalam bentuk modul berbasis blog, menggunakan account/alamat : fitoplankton-tambak-boyo.blogspot.com. Rubrik Blog yang diterbitkan tersebut berisi: 1) Beranda, 2) Petunjuk penggunaan, 3)Kompetensi, 4) Materi1 yang terdiri a. Materi Keanekaragaman Hayati dan b. Kegiatan siswa (berupa Lembar evaluasi), 5) Materi 2 yaitu a. Materi Fitoplankton di Tambak boyo dan b. Kegiatan siswa (berupa Lembar evaluasi), 6) Materi 3 berisi a. Materi Keanekaragaman Fitoplankton di Tambak boyo dan b. Kegiatan siswa (berupa Lembar evaluasi), 7) LKS, 8) Tahukah Kamu, 9) Glosarium, dan 10) Daftar Pustaka.
“Modul berbasis blog ini telah diposting pertama kali pada bulan April 2013. Berdasarkan data  statistik pengunjung blog, jumlah pengunjung blog sampai bulan Juni 2013 sebanyak  800 pengunjung. Jika dirata-rata, jumlah pengunjung per bulan sebanyak 270 pengunjung,” tambahnya. (witono)