FMIPA UNY Menjalin kerjasama dengan UPSI Malaysia

FMIPA UNY kedatangan tamu Assoc. Prof. Dr. Haniza Hanim Mohd Zain dari Department of Biology Faculty of Science and Mathematics Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia, baru-baru ini. Beliau diterima oleh Dekanat, pengurus Jurusan Pendidikan Biologi,, dan bagian kerjasama.
Dalam sambutannya Dekan, Prof. Dr. Ariswan, M.Si., mengatakan, pertemuan ini adalah sebuah kolaborasi antara UPSI dengan UNY dalam mengembangkan kerjasama. Kami mengucapkan terima kasih kepada ibu Haniza  yang telah memberikan materi kuliah kepada mahasiswa kami. Perjalanan dari UPSI ke UNY ini tentulah menjadi perjalanan yang bermakna karena memberikan ilmu kepada kami. Tentunya ini  menjadi tanaman kebaikan yang tidak akan putus karena akan dikembangkan oleh generasi-generasi berikutnya.
“Antara UPSI dengan UNY bisa menjalin kerjasama kaitannya dengan student exchange, join research, visiting professor yang lebih banyak kemudian bisa membawa kolaborasi ini pada upaya peningkatan kualitas pengabdiannya kepada umat dan bangsa”, lanjut Prof Ariswan.
Sementara itu, Assoc. Prof. Haniza menjelaskan, bahwa ia kesini diminta oleh dekan yang sekarang untuk membantu monitoring dan observasi pelajar-pelajar UPSI yang ke UNY sebanyak 24 orang. Dari jumlah tersebut 7 orang dari MIPA yaitu 1 Biologi, 3 Kimia, 1 IPA dan 2 Matematika.
“Sebelum ke UNY saya sudah ke 2 sekolah di Jogja. Mahasiswa UPSI mengajar disana dan bertukar budaya. Walaupun bahasa hampir sama tapi ada beberapa hal yang berbeda terutama di bidang Matematika. Misalnya kalau minus disini artinya dikurangi tapi kalau kami namanya ditolak. Tapi mengikut guru pembimbingnya. Guru pembimbing mengatakan tidak apa-apa karena siswa disekolah sudah sering menonton film Upin dan Ipin”, katanya.
Beliau mengucapkan terima kasih kepada Dekan FMIPA yang telah banyak membantu menghantar dosen-dosen pembimbing berbagai bidang. Memang sangat membantu dengan masukan-masukan motivasi kepada mahasiswa untuk meningkatkan lagi pengajaran mereka. Hanya ada beberapa hal yang perlu dibicarakan untuk meningkatkan lagi pengajaran mahasiswa.
Pada kesempatan tersebut juga mendiskusikan langkah-langkah kerjasama yang akan dituangkan dalam perjanjian kerjasama antara kedua belah pihak. (witono)