Dr. drh. Heru Nurcahyo, M.Kes (Dalam Kenangan)

Dr. drh. Heru Nurcahyo, M.Kes, yang sehari-hari dikampus FMIPA UNY akrab dipanggil Pak Heru ini sekarang telah tiada dengan meninggalkan banyak kenangan. Sosok yang ramah dan selalu mengucap salam ketika berjumpa dengan siapapun ini sudah meninggalkan kita semua.
Kabar meninggalnya sosok Heru Nurcahyo tentunya sangat mengagetkan bagi keluarga besar FMIPA, karena pada hari Minggu, 30/11/22 beliau masih terlihat sehat dan mengikuti acara Workshop Jurnal. Bahkan hari Senin pagi masih masuk kantor dan menyapa para dosen dan tendik. Tapi tanpa disangka siangnya dadanya terasa sakit kemudian diantarkan ke rumah sakit dan ditempatkan diruang ICU, sampai pada hari Kamis siang kondisinya mulai menurun dan sorenya beliau meninggalkan kita untuk selama-lamanya.
Tentunya ini kehilangan besar bagi fakultas dan universitas karena pengajar yang bidang keahliannya seperti beliau sangat sedikit. Bidang keahlian Heru Nurcahyo adalah Bioteknologi dan Kultur Jaringan Hewan. Heru menempuh studi S3 Ilmu Kedokteran Dasar dan Biomedis UGM dan berhasil lulus pada tahun 2003.
Heru Nurcahyo yang lahir di Pacitan, 60 tahun silam, tinggal di Keputren RT.02/RW.01, Pleret, Bantul bersama keluarga. Beliau sudah mengabdi di FMIPA UNY selama 34 tahun sejak  1 September 1989 dan saat ini masih menjabat sebagai Ketua Jurusan Pendidikan Biologi. Sebelumnya pernah menjabat sebagai Wakil Dekan II. (witono)