Kegiatan Profesor Muammer Çalik dari Trabzon University, Turkiye di FMIPA UNY

Dalam rangka mendukung visi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), menjadi perguruan tinggi pendidikan kelas dunia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNY menyelenggarakan berbagai kegiatan akademik yang melibatkan pakar dari luar negeri diantaranya Profesor Muammer Çalik, pakar pendidikan kimia dari Trabzon University, Turkiye.
Dalam kunjungannya pada 6-16 Agustus 2023, Profesor Muammer Çalik terlibat dalam 4 kegiatan akademik bersama civitas akademika FMIPA. Pada kegiatan pertama, Profesor Muammer Çalik menjadi Keynote Speaker pada International Conference on Research, Implementation, and Education of Mathematics and Sciences (ICRIEMS) ke-10 yang diselenggarakan pada tanggal 10 – 11 Agustus 2023 di Eastparc Hotel, Yogyakarta, Indonesia.
Pada kesempatan tersebut, Profesor Muammer Çalik menyampaikan presentasinya A Meta-analysis of Particulate Nature of Matter (PNM)-based intervention studies. Studi ini mengungkap pentingnya penggunaan representasi ganda dalam pembelajaran PNM, khususnya bagi siswa sekolah dasar.
Pada kegiatan kedua, Profesor Muammer Çalik menjadi visiting professor (VP) untuk program sarjana pendidikan kimia, program magister pendidikan kimia, dan program doktor pendidikan sains. Topik yang disajikan untuk mahasiswa S1 adalah mengintegrasikan Socio-Scientific Issues (SSI) ke dalam pembelajaran kimia dan kebiasaan berpikir ilmiah. Kuliah ini diikuti oleh 60 mahasiswa yang terbagi dalam 2 kelas. Selanjutnya Profesor Muammer Çalik memberikan kuliah umum kepada mahasiswa program magister tentang 'bagaimana melakukan tinjauan sistematik'. Topik ini sangat menunjang kompetensi mahasiswa dalam menemukan ide penelitian tesis. Diskusi tentang 'cara efektif menulis artikel' dilakukan bersama mahasiswa program doktor pendidikan sains. Diskusi diakhiri dengan pemaparan artikel oleh mahasiswa serta masukan dan saran dari Profesor Muammer Çalik.
Publikasi Bersama dengan dosen pendidikan kimia, Profesor Antuni Wiyarsi, merupakan kegiatan ketiga yang dilakukan Profesor Muammer Çalik di FMIPA. Mereka menyelesaikan sebuah artikel tentang meta-analisis dalam studi SSI.
Terakhir, Profesor Muammer Çalik juga berperan sebagai kolaborator dalam International Research Cooperation Program dengan tim dosen pendidikan kimia bertema 'Pengembangan Konten Pengetahuan Pedagogis bagi Calon Guru Kimia. Mereka membahas data penelitian dan langkah selanjutnya untuk mencapai target penerbitan artikel di jurnal internasional bereputasi. Rangkaian kegiatan tersebut sangat bermanfaat dan disambut hangat oleh seluruh civitas akademika di FMIPA UNY. Semoga kerjasamanya semakin erat dan menjangkau lebih luas lagi kalangan kegiatan dan sivitas akademika. (antuni/witono)