Workshop Penghargaan Ekstrakurikuler Mahasiswa Baru UNY

Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan Workshop Penghargaan Ekstrakurikuler Mahasiswa (PEM) bagi mahasiswa  baru angkatan 2023. Kegiatan dilaksanakan secara bergantian per-fakultas dan untuk mahasiswa FMIPA UNY  dilaksanakan Selasa, 19/9/23 di Auditorium UNY. Hadir pada kesempatan tersebut jajaran dekanat, dan sekitar 984 mahasiswa. Narasumber dalam kegiatan tersebut yaitu  Dr. Cerika Rismayanti, M.Or., Drs. Pujiwiyono, M.Pd., dan Laila Nurul Himmah, M.Pd.,  dari Kemahasiswaan UNY.
Dalam sambutannya Dekan FMIPA, Prof. Dr. Ariswan, M.Si., menyampaikan kita akan mendapatkan informasi tentang Penghargaan Ekstrakurikuler Mahasiswa, hal yang masih baru di UNY. Saya meyakini bahwa semua mahasiswa FMIPA UNY akan lulus dalam kurun waktu yang disediakan dan kelak semua akan menjadi orang-orang yang sukses dikehidupannya.  Para dosen siap membimbing mahasiswa menuju puncak prestasinya masing-masing.
“Jadilah alumni-alumni FMIPA  yang sukses. Mahasiswa harus melakukan akumulasi dari berbagai pembelajaran yang anda lakukan. Kumpulan-kumpulan kegiatan pembelajaran baik didalam kampus maupun diluar kampus harus dilakukan untuk menggapai prestasi maksimal”, lanjutnya
Dalam paparannya, Dr. Cerika mengatakan bahwa PEM ini adalah nilai/kredit kegiatan yang nanti apabila mahasiswa mengikuti proses perkuliahan, setelah mengikuti berbagai macam kegiatan ekstrakurikuler atau prestasi bias dimasukkan. Ini adalah syarat kelulusan bagi mahasiswa jenjang sarjana dan sarjana terapan.
Latar belakang PEM ini adalah bagaimana mahasiswa bias selaras dan mendukung kegiatan ekstrakurikuler supaya mahasiswa mampu untuk menyiapkan diri menjadi lulusan sesuai dengan visi dan misi UNY yaitu memiliki keperibadian unggul, kreatif, dan inovatif berkelanjutan. Dalam proses tersebut mahasiswa harus melakukan kegiatan ekstrakurikuler. Sebagai penghargaan mengikuti ekstrakurikuler, mahasiswa juga memperoleh pengetahuan dari proses tahap perencanaan, mengadministrasi kegiatan ekstrakurikuler setiap semesternya.  Mahasiswa diharapkan juga melakukan evaluasi mandiri soft skills apa yang perlu ditingkatkan       
Dr. Cerika juga menjelaskan, kategori kegiatan ekstrakurikuler dalam PEM UNY meliputi 1) kompetisi dan wirausaha, 2) organisasi, kepemimpinan, minat, dan bakat, 3) pengabdian kepada masyarakat, dan 4 internasionalisasi/konferensi. Dan mahasiswa minimal mengikuti 2 kegiatan dari 2 kategori yang berbeda, misalnya kompetisi/wirausaha kemudian juga mengikuti PPK Ormawa, dll. Minimal kredit PEM adalah 10 kredit per-semester, jika belum tercapai bias dipenuhi pada semester berikutnya. Total kredit PEM UNY selama studi adalah minimal 80 kredit untuk program sarjana dan sarjana terapan. (witono)