Website “TEKAN JOHO” Sebagai Implementasi Teknologi Smart Farming untuk Peningkatan Produktivitas Pertanian di Desa Joho, Prambanan, Klaten

Program Peningkatan Kapasitas Ormawa (PPKO) Hima Kimia FMIPA UNY 2023 telah berjalan sejak Juli 2023 di Desa Joho, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah. Salah satu program unggulan yang dibawakan oleh tim PPKO Hima Kimia FMIPA UNY adalah Pembuatan dan pengembangan Website. Website yang dikembangkan menggambarkan “Smart Farming\ sebagaimana bentuk implementasi dari Teknologi Smart Farming berbasis Internet of Things sebagai peningkatan produktivitas pertanian di Desa Joho guna mewujudkan desa unggul tani.
Website yang dikembangkan diberi nama “TEKAN JOHO” yang memiliki pemaknaan ganda, dimana makna pertama diambil dari Bahasa Jawa ‘Tekan Joho’ yang artinya dalam Bahasa Indonesia yaitu ‘telah sampai di Desa Joho’, mengartikan bahwa tim PPKO Himaki UNY telah sampai di Desa Joho. Pemaknaan kedua yaitu mengartikan kata ‘Tekan’ dalam Bahasa Indonesia, dimana proses menekan atau memencet identik dengan kata kerja yang akan dilakukan seseorang ketika akan membuka sebuah website.
Menurut Dinda Aryuni, anggota tim, pembuatan website “TEKAN JOHO” digunakan sebagai alat untuk menyimpan data rekapitulasi hasil pertanian di Desa Joho sehingga rekapan data pertanian ini dapat tersimpan secara rapi dan runtut. Rekapan data tersebut berfungsi sebagai pusat sumber informasi yang berkaitan dengan pertanian di Desa Joho.
Pada website ini berisikan beberapa indikator yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan pertanian masyarakat Desa Joho, diantaranya : 1) Page Home. Page Home atau Beranda memuat deskripsi website, dokumentasi kegiatan, dan juga opsi Data Lahan Pertanian dan Data Hasil Panen. 2)  Profile berisi profil Desa, dan profil tim PPKO, 3) Data pertanian yang berisi data lahan pertanian, data hasil panen, jenis tanaman, pestisida, hama, dan 4 berisi publikasi berisi galeri kegiatan dan opini masyarakat, 5) pemasaran hasil, dan 6) kontak.  (dinda/marsha/adlan/witono)