WARUNG PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA

Sekelompok mahasiswa dari fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta yaitu Gunarno, Hanik Wahyuningsih, Susi Susanti, Rochimatun Hasanah, Wiwik Nurindah Sari, Zahrotul Mufida, Siti Latifah dari jurusan biologi dan Kartika Adhi dari jurusan fisika membuka warung mie ayam bakso di Jl. Karangkajen 47 Yogyakarta. Warung yang diberi nama "BangJo UNYIL" dari akronim "Abang Ijo UNY In Lesehan" tersebut dibuka oleh PD 3 FMIPA UNY Drs. Sutiman pada Kamis 3 Februari 2011 dan dihadiri oleh kaprodi biologi Siti Umniyatie, M.Si dan dosen jurdik biologi Astuti, MP.

Dalam sambutannya Sutiman mengucapkan selamat atas keberanian mahasiswa membuka usaha sekaligus mengucapkan terimakasih pada Astuti, MP atas fasilitas yang diberikan untuk program kewirausahaan mahasiswa, karena DIKTI memang memberikan perhatian besar pada bidang kewirausahaan mahasiswa. Lebih lanjut Sutiman mengingatkan akan perlunya niat untuk bersungguh-sungguh dan jangan setengah hati dalam berbisnis serta kedepannya perlu dipikirkan menu tambahan karena selera masyarakat juga perlu dipelajari. "Kita akan bersaing dalam pasar, harga dan marketingnya" kata Sutiman.

Menurut Gunarno mereka membuka usaha ini karena hal ini merupakan program wirausaha mahasiswa dari UNY dimana mahasiswa diberikan dana untuk memulai usaha, namun dana ini tidak diberikan begitu saja melainkan juga harus mengembalikannya pada kampus untuk digulirkan pada mahasiswa yang membuka program wirausaha lainnya. Setelah diamati ternyata warung tersebut cukup laris karena lokasi yang strategis dan harga yang dipasang terjangkau bagi masyarakat. Selain menyediakan mie ayam bakso di warung ini juga tersedia "Ahha Yoghurt" yang merupakan hasil karya Program Kreativitas Mahasiswa fakultas MIPA.