Mahasiswa UNY Kembangkan Aplikasi Android MANAGE untuk Membantu Manajemen Waktu Mahasiswa

Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta yang terdiri  Indah Budiati , Zulfa Mahendra (Pendidikan Fisika), dan Yosan Guntara (Pendidikan Teknik Informatika) dengan pembimbing Dr. Pujianto dengan penelitiannya yang berjudul  MANAGE Berbasis E-Management Android Sebagai Langkah Efektif Dan Efisien Peningkatan Produktifitas Mahasiswa,  berhasil mengembangkan aplikasi android MANAGE untuk membantu manajemen waktu bagi mahasiswa.
Indah menjelaskan, jumlah beban tanggungjawab mahasiswa tidak sebanding dengan waktu yang mereka miliki membuat mahasiswa tidak dapat mengelola tugas dengan optimal. Diikuti Perkembangan media elektronik yang semakin berkembang, sehingga salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan manajemen waktu adalah melalui pengembangan e-management.
“Aplikasi ini dilengkapi video untuk pengetahuan self leadership dalam memanajemen waktu yang diadopsi dari buku 7 Habit of Highly Effectifitas People Stephen Covey, Problem Solving 101 Ken Watanabe, First Thing First Stephen Covey untuk user, aplikasi ini juga dilengkapi fitur manajemen tugas pribadi dan organisasi untuk memudahkan komunikasi kelompok atau kepanitiaan dalam melaksanakan event atau program kerja dan mengurangi jam rapat yang kurang efektif dengan banyaknya miss komunikasi,” lanjutnya.
 Diterangkan, MANAGE merupakan sebuah aplikasi android yang berfungsi sebagai media e-Manajement diperuntukkan untuk mahasiswa. Fitur-fitur yang tersedia di dalam aplikasi MANAGE  telah disesuaikan dengan kebutuhan manajemen waktu mahasiswa untuk mengatasi beragam masalah yang dialami oleh mahasiswa terutama kasus kurangnya produktifitas. Manajemen yang dilakukan melalui MANAGE berfungsi sebagai langkah efektif dan efisien dalam meningkatkan produktifitas di kalangan mahasiswa. Langkah yang dilakukan tidak hanya untuk mengatasi permasalahan manajemen waktu pribadi, akan tetapi juga untuk manajemen waktu organisasi. Fitur-fitur yang disediakan dalam aplikasi MANAGE mewadahi upaya peningkatan produktifitas mahasiswa.
“Metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan dalam mengembangkan aplikasi  MANAGE adalah Pressman Waterfall Model. Waterfall Model, terkadang disebut classic life cycle menunjukkan sistematis dan pendekatan sekuensial untuk pengembangan perangkat lunak yang dimulai dengan spesifikasi pengguna dari syarat-syarat yang dibutuhkan melalui planning, modeling, construction, dan deployment, yang berpuncak pada dukungan yang berkelanjutan dari perangkat lunak yang lengkap,”  terangnya
Indah menambahkan, kami menggunakan metode ini karena pencerminan kepraktisan rekayasa, yang membuat kualitas sistem tetap terjaga karena pengembangannya yang terstruktur dan terawasi. (witono)