O’Chef Berhasil Meraih Gold Medal dalam Ajang International Innovation and Invention Competition 2017 di Taiwan

Tim O’Chef yang diketuai oleh Intan Lisnawati (Matematika 2014), beranggotakan Titik Wulandari, Nana Indri Kurniastuti (Matematika 2014) dan Anjasmoro Adi Nugroho (Pendidikan Teknik Informatika 2014) berhasil mendapatkan medali emas dalam kegiatan International Innovation and Invention Competition (IIIC) tahun 2017 yang diselenggarakan oleh Chinese Innovation and Invention Society, Moscow International Inventions and Innovative Technology Salon «ARCHIMEDES» LLC “InnovExpo”(Moscow, Russia).

Acara yang berlangsung pada Rabu, 29 November 2017 bertempat di Ambassador Hotel, Taipei, Taiwan. Kompetisi tersebut memperlombakan karya/produk yang diikuti oleh 11 negara, seperti Cina, Indonesia, Malaysia, Taiwan, Thailand, Romania, dan Ukraina.

Menurut Intan, salah kunci keberhasilan tim ini adalah kekompakan dan kerjasama tim yang solid. Sehingga semua pembagian tugas dan target pengerjaan dapat terselesaikan. Di bawah bimbingan Dwi Lestari, M.Sc. (Dosen Prodi Matematika UNY) tim O’Chef dapat menciptakan inovasi baru dengan judul O’chef : Cook Helper Application for enjoyable Modern Living. Inovasi tersebut merupakan pengembangan aplikasi untuk membantu memudahkan pengguna dalam memasak. Menyediakan fitur pemesanan bahan makanan atau kebutuhan memasak secara online, selain itu terdapat kumpulan resep memasak yang mudah dipahami. Aplikasi tersebut ditujukan untuk pengguna/masyarakat yang dituntut hidup di jaman modern serba instan dan mudah ini.

Pembuatan aplikasi O’Chef melalui tahapan dan metode pengembangan perangkat lunak RUP (Rational Unified Process). Diharapkan dengan menggunakan metode pengembangan yang sesuai dapat menghasilkan karya yang berkualitas. Terdapat 4 tahapan yaitu Inception, Elaboration, Construction dan Transition. Tahap Inception merupakan tahap penggalian informasi kebutuhan pengguna (user requirements) dan pemodelan bisnis. Tahap Elaboration merupakan tahap pengolaan informasi yang telah didapat dan perencanaan pengembangan produk. Tahap Construction merupakan tahap pengerjaan atau pembuatan system. Tahap Transition merupakan tahap pengujian system yang akan digunakan oleh pengguna. Hasil pengujian nantinya akan dievaluasi dan dilakukan perbaikan sesuai kebutuhan pengguna.

“Senang dapat bekompetisi dan bertemu dengan peserta yang berasal dari luar negeri. Banyak pengetahuan dan pengalaman yang didapatkan selama di Taiwan. Ini merupakan kali pertama mengikuti kompetisi Internasional di Taiwan Merupakan suatu kebanggaan tersendiri dapat berkompetisi dan mengharumkan nama UNY dalam kompetisi Internasional”, ungkap mereka. (Intan/witono)