Limbah Jeans dan Plastik Jadi Tas Laptop

Selain sampah plastik, industri di Indonesia yang menghasilkan sampah dalam jumlah besar yaitu industry konveksi. Betapa tidak, Usaha konveksi memproduksi busana dalam jumlah besar bahkan lebih dari 1000 buah dalam satu kali produksi, menimbulkan adanya limbah pabrik yang berupa kain perca, termasuk limbah kain perca jeans. Limbah kain berupa perca jeans tersebut, dapat mengakibatkan tertimbunnya sampah yang mengakibatkan polusi di lingkungan.
Hal tersebut rupanya menginspirasi mahasiswa FMIPA UNY yang tergabung dalam tim Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan untuk membuat inovasi baru dengan memanfaatkan limbah kain perca jeans dan plastic untuk dijadikan tas laptop. Mereka adalah Ghosa Kurnia Fistika, Ismi Solikhatun, Fajar Mubarok, Erba Firstananda, dan Diah Intan Kusuma. Penelitian mereka berjudul Jnp Craft: Produk Daur Ulang Softcase Guna Optimalisasi dan  Meningkatkan Nilai Ekonomis Limbah Jeans dan Plastik.
Ketua tim, Ghosa menjelaskan, perkembangan teknologi laptop semakin mendominasi kehidupan masyarakat Indonesia terutama dikalangan pelajar dan mahasiswa. Karena maraknya penggunaan laptop, perkembangan aksesoris yang berhubungan dengan laptop pun ikut  berkembang, seperti tas laptop atau biasa disebut softcase.  Sebuah inovasi diperlukan untuk mengurangi limbah jeans dan sampah plastik.
Diungkapkan, pembuatan softcase JnP Craft tidak memerlukan waktu yang lama. Dalam hal ini bahan perca jeans digunakan sebagai lapisan luar dan limbah plastik yang berlapis alumunium foil dipotong-potong menjadi bagian-bagian kecil yang nantinya digunakan sebagai bahan pengisi dari softcase. Selain itu lapisan dalam dari softcase JnP Craft ini dilapisi dengan kain furing supaya ketika digunakan untuk menyimpan laptop tidak terjadi goresan yang dapat menyebabkan bekas dibagian casing laptop.
“Dalam proses pembuatan softcase JnP Craft ini kami bekerja sama dengan pengrajin limbah plastik di daerah Imogiri,” lanjut Ghosa.
Sementara itu, Ismi menjelaskan, dalam program ini, produk yang dihasilkan berupa softcase JnP Craft yang dipasarkan dengan harga Rp 60.000,00 untuk ukuran laptop 10”, Rp 70.000,00 untuk ukuran laptop 12”, dan Rp 80.000,00 untuk ukuran laptop 14”. Dalam hal ini target yang dibidik adalah kalangan pelajar dan mahasiswa.
Promosi dilakukan melalui media internet, yaitu facebook (JnP Craft), twitter (@JnP_Craft), olx.co.id yang dulunya tokobagus.com, instagram (@JnP_Craft), dan blog www.jnpcraft.blogspot.com). Promosi melalui media internet ini dimaksudkan untuk mempermudah transaksi jual beli. Selain melalui media internet, kami juga melakukan promosi secara personal.
Ditambahkan Ismi, Softcase JnP Craft sudah diproduksi tahap pertama dengan jumlah 15 tas. Design pada produksi tahap pertama ini bertema bunga. Produksi ini dilakukan untuk menganalisis minat pasar. Pemasaran produk ini ditampilkan dalam Pameran Kreatif Inovatif UNY yang diselenggarakan pada tanggal 12 s.d. 14 Mei 2014 di GOR UNY. (witono N)