FMIPA UNY Merintis Kerjasama dengan Universitas Lampung

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta (FMIPA UNY) khususnya Prodi Pendidikan Matematika S1 menjajagi rintisan  kerjasama dengan Prodi Pendidikan Matematika S1 FKIP Universitas Lampung (UNILA). Diskusi rintisan kerjasama dilaksanakan Kamis, 14/12/23 di ruang sidang FMIPA UNY.  Hadir pada kesempatan tersebut para pengurus Jurusan kedua universitas. Turut hadir 63 mahasiswa KKL yang sekaligus melakukan diskusi dengan mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika S1 FMIPA UNY.
Prof. Dr. Sugiman, M.Si., Koorprodi S3 dan S2 Pendidikan Matematika FMIPA UNY dalam sambutannya mengucapkan selamat datang di Yogjakarta untuk sharing gagasan dengan kami. Kami mempunyai prodi S2 dan S3 Pendidikan Matematika, jadi silakan bergabung dengan kami semoga karirnya berkembang. Tahun depan kami (UNY) ada Seminar Internasional (ATCM) silahkan berbondong kesini untuk mengikuti acara tersebut.
“Kedatangan para mahasiswa ke FMIPA UNY semoga mendapatkan apa yang diinginkan terutama yang berkaitan dengan hal akademis atau lainnya. Dengan kunjungan ini semoga menjadi terkenang dan setelah lulus Kembali ke UNY untuk lanjut studi disini baik S2 maupun S3”, lanjutnya.
Dr. Sri Andayani, M.Kom., Ketua Departemen Pendidikan FMIPA UNY mengharapkan, kegiatan ini tidak hanya menuntaskan kewajiban KKL mahasiswa tetapi ada hal-hal yang bisa dibawa pulang kemudian menjadi ide, inspirasi yang baik bagi mahasiswa.
“Untuk program magister Pendidikan Matematika sudah terakreditasi Unggul dari BAN PT dan terakreditasi internasional ASIIN. Silakan bagi mahasiswa yang berminat untuk melanjutkan studi ke UNY”, tambahnya
Sementara itu, Dr. Sri Hastuti N, M.Pd., Kaprodi Pendidikan Matematika S1 Universitas Lampung mengatakan, salahsatu alasan kami datang adalah Impian para mahasiswa yang ingin studi lanjut ke UNY. Ini adalah kesempatan baik mahasiswa kami melihat secara langsung suasana akademik disini. Selain itu kunjungan ini kami harapkan bisa membuka jalan untuk menjalin kerjasana. Khususnya prodi Pendidikan Matematika.
Yang sudah kami lakukan selama ini ada Forum Komunikasi FKIP seluruh Indonesia, sehingga kami telah menjalin Kerjasama dengan FKIP-FKIP seluruh Indonesia. Tapi untuk LPTK eks IKIP belum ada Kerjasama. Oleh karena itu karena mahasiswa butuh pengalaman diluar kampus, melihat suasana dikampus lain  dengan harapan untuk membuka minat kuliah dikampus lain.
“Pertemuan ini adalah Langkah awal penjajagan untuk melakukan  Kerjasama baik dalam hal Pendidikan, penelitian maupun pengabdian. Yang sudah kami laksanakan dengan FKIP antara lain join teaching, join research. Semoga kami bisa menjalin Kerjasama serupa dengan  UNY”, katanya.
Sri Hastuti menambahkan, mahasiswa kami juga ingin mengetahui aktivitas kegiatan kemahasiswaan terutama prodi Pendidikan Matematika. Mudah-mudahan nanti terjalin komunikasi, ada jejaring antar mahasiswa untuk kegiatan kemahasiswaan. Hal baik yang ada disini dan belum ada ditempat kami, akan kami terapkan di UNILA, begitu pula sebaliknya. (witono)