RIFALDY FAJAR TERPILIH SEBAGAI MAHASISWA BERPRESTASI I FMIPA UNY 2016

Setelah tahun sebelumnya terpilih sebagai juara kedua Mahasiswa  Berprestasi FMIPA UNY 2015, kini Rifaldy Fajar mahasiswa program studi Matematika, FMIPA UNY angkatan 2014 terpilih sebagai Mahasiswa Berprestasi Utama FMIPA UNY 2016. 
Melalui karya tulisnya yang berjudul “Model Matematika dan Analisa Kestabilan Pada penyebaran Infkesi HIV-AIDS dari Ibu ke Anak Melalui ASI dengan Kompartemen Populasi Susceptible-Infective-AIDS Cases”, menghantarkannya sebagai Mahasiswa Berprestasi FMIPA UNY 2016.
Mahasiswa yang satu ini sangat menyukai riset dan karya ilmiah di Bidang Matematika Terapan. Beberapa karya tulis yang telah dihasilkannya adalah mengenai Pemodelan Matematika. Bahkan, salah satu
makalah pemodelannya telah diseminarkan dalam salah satu  Seminar Nasional Matematika dan tahun ini berhasil menerima hibah PKM 5 Bidang Penelitian Eksakta dengan research area Matematika Terapan dibawah bimbingan Dwi Lestari, M. Sc.
"Karya ilmiah mengenai pemodelan sebenarnya cukup rumit. Tapi sebagai mahasiswa, sudah menjadi tugas kita untuk semakin meningkatkan kapasitas diri. Banyak membaca jurnal, riset-riset dosen dan sering
konsultasi akan membantu kita. Saya juga masih belajar dan kadang masih pemodelan sederhana. Saya akui sempat keteteran, namun itulah arti sebuah proses. Semakin belajar untuk memanajemen waktu juga"
tutur Rifaldy Fajar.
Dari segi rekam jejak, Rifaldy telah menghasilkan beberapa karya tulis ilmiah dan penelitian yang diantaranya telah meraih beberapa penghargaan. Untuk pencapaian internasional, diantaranya adalah Medali  Emas untuk Bidang Kesehatan dan Matematika Terapan dalam The Egyptian International Invention and Innovation Exhibiton (EGYPTINVENT) di Mesir, Medali Emas untuk Bidang Agriculture, Health and Renewable Energy, dalam The 3rd International Youth Invention Contest (IYIC) di Seoul, Korea Selatan, Medali Emas untuk Bidang Transportasi dalam The 3rd International Innovation and Invention Competition (IIIC) di Taiwan, Medali Perunggu untuk Bidang Agriculture, Health and Renewable Energy dalam The 2nd International Young Inventor Award (IYIA) di Jakarta, dan Medali Perunggu untuk Bidang Social Sciences dalam The 6th International Engineering Invention and Innovation Exhibition (I-ENVEX) di Perlis, Malaysia. Selain itu, Rifaldy meraih Best Presentation untuk Bidang Kesehatan dalam The Egyptian International Invention and Innovation Exhibiton (EGYPTINVENT) di Mesir dan pernah tercatat sebagai Delegates in OAS (Organitation of American States) Committee dalam Nanyang Technological University Model of United Nations (NTU MUN) atau Simulasi Sidang PBB di Singapura.
Selain prestasi internasional, berbagai event karya tulis ilmiah tingkat nasional juga berhasil meraih penghargaan diantaranya adalah Juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah Public Health Youth Event (PHYE) di
Universitas Sriwijaya, Palembang, Juara 2 Lomba Esai Matematika Mahasiswa Nasional dalam “Matematika Fair” di Universitas Negeri Medan, Juara 2 Lomba Karya Tulis Ilmiah Dream Apel Gaung Karya Mahasiswa Bidikmisi di Universitas Airlangga Surabaya dan lain sebagainya. (Dewi Mustika Sari/witono)