CIPTAKAN APLIKASI VIRTUAL LAB, TIM “REBAHAN” UNY RAIH JUARA PERTAMA PADA LKTIN LOYALISM

Mahasiswa Pendidikan fisika yang terdiri atas Reno Nurdiyanto, Effendi Malik dan Febriani dengan nama tim “Rebahan” di bawah bimbingan Dr.Pujianto, M. Pd. menciptakan Aplikasi Virtual Lab Gelombang Cahaya sebagai solusi atas permasalahan pembelajaran jarak jauh (PJJ) di tengah pandemi COVID-19. Aplikasi ini dirancang untuk menciptakan pembelajaran aktif dan kemandirian belajar fisika pada materi gelombang cahaya. 
Febriani mengatakan bahwa mata pelajaran fisika sejak awal sering dianggap sulit oleh peserta didik Hal itu karena fisika terkesan abstrak dan hanya berkutat dengan rumus, ditambah lagi dengan situasi PJJ saat ini yang menyebabkan peserta didik menjadi cenderung memilih untuk rebahan dan malas dalam belajar terutama secara mandiri. Hal tersebut  membawa tim ‘Rebahan” mengikutsertakan karya ini pada ajang LKTIN Loyalism yang diselenggarakan oleh Institut Teknologi Telkom Surabaya. 
Effendi Malik menyampaikan bahwa ajang tersebut mengangkat tema yang relevan dengan situasi saat ini yaitu “Inovasi ICT untuk Pengembangan Pendidikan Baru di Era New Normal dalam Menyukseskan Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka”.
“Ajang ini diikuti oleh 254 peserta dan melewati tahap seleksi abstrak, full paper, poster dan terakhir final oleh 10 peserta terbaik dari berbagai universitas di Indonesia yang diselenggarakan pada Rabu, 24 Maret 2021 secara online melalui zoom meeting”. Ujar Effendi
Sementara itu, Reno Nurdiyanto mengaku bersyukur dapat keluar sebagai pemenang bersama timnya pada ajang tersebut, Besar harapan semoga aplikasi ini tidak hanya berhenti sampai pada perlombaan semata namun juga dapat diterapkan untuk membantu peserta didik semangat dan anti rebahan saat pembelajaran fisika. (Febriani/witono)