Asesmen Lapangan Prodi S3 Pendidikan IPA

Asesor dari LMDIK kembali mengunjungi FMIPA UNY untuk acara Asesmen Lapngan (AL)  Program Studi S3 Pendidikan Biologi. Sebelumnya ada 3 prodi yang asesmen lapangan, yaitu prodi S1 Fisika, prodi S2 Pendidikan Biologi, prodi S3 Pendidikan Matematika, dan kali ini adalah prodi S3 Pendidikan  IPA.  AL dilaksanakan Senin-Selasa (26-27/2/24) di ruang siding fakultas. Para asesor yang adatang adalah Prof. Dr. Ida Kaniawati, M.Si., dari UPI Bandung dan  Prof. Dr. Woro Sumarni, M.Si., dari UNNES Semarang.
Dalam sambutannya, Dekan FMIPA, Prof. Dr. Dadan Rosana, M.Si., mengatakan bahwa kedatangan asesor yang ditugaskan oleh LAMDIK merupakan suatu bagian dari proses evaluasi dan akuntabilitas dari prodi di FMIPA UNY, khususnya prodi S3 Pendidikan IPA. Tentu saja susah memotrt kalua hanya mengandalkan  diri sendiri atau selfi, sehingga membutuhkan orang lain untuk memotret kita sehingga bisa memotret diri kita seutuhnya.
“Kedatangan ibu-ibu asesor mendorong kami untuk bisa menjadikan program-program studi kami secara keseluruhan, kami mendapatkan masukkan. Masukan itu sebagai obat yang berguna bagi kami. Penyakit kita apa, itu yang tahu adalah dokter. Dengan adanya asesor tentu kita akan menjadi tahu, bisa mendiaknosis kira-kira dimana kelemahan kita, dan kita akan minta resep”, lanjut Dekan.
Dadan juga mengatakan, ssesmen seperti ini adalah yang ke-4 ditahun ini sehingga perspektif dan masukan yang semakin meluas.   Kami sedang berproses dari BLU menjadi PTNBH dalm 2 tahun ini. Proses dalam jangka waktu pendek kami beradaptasi dengan OTK baru
Asesor 1, Ida Kaniawati mengatakan bahwa setiap universitas punya keunggulan tersendiri, begitu juga dengan prodi S3 Pendidikan IPA. Hari ini kita lebih ke proses konfirmasi dari LED yang sudah diupload. Kami akan lebih menggali lebih dalam untuk memastikan butir-butir yang perlu dicek kembali, sehingga kami secara obyektif bisa memberi catatan  atau verifikasi. Kami akan menggali proses penjaminan mutu, akademik, mata kuliah lebih mendalam. (witono)