Mahasiswa UNY Juara 2 Anugerah inovasi Penelitian Kota Yogyakarta

Kolaborasi mahasiswa UNY berhasil meraih juara di ajang Anugerah Inovasi Penelitian Kota Yogyakarta yang diselenggarakan oleh Bappeda Kota Yogyakarta. Berdasarkan Surat Keputusan Nomor 32 tahun 2021 tentang Penetapan Pemenang Anugerah Inovasi dan Penelitian Kota Yogyakarta tahun 2021 bahwa Kolaborasi mahasiswa UNY yakni Ilham Alif Fianto (Pendidikan Geografi), Aditia Pramudia Sunandar (Pendidikan Biologi), dan Diah Nadiatul Jannah (Pendidikan IPS) sebagai Juara 2 Kategori Penelitian diajang AIP, 21/9/21.
Pada event tersebut, Diah dkk menulis paper yang berjudul Dewantara Kirti Griya : Implementasi Triple Helix dalam Mendorong Pertumbuhan Industri Kreatif Melalui Wisata Edukasi. Dewantara Kirti Griya merupakan museum peninggalan Ki Hadjar Dewantara yang sangat bersejarah dengan nilai perjuangan beliau. Kondisi pandemi membuat perlu adanya pendekatan kebijakan baru dalam membantu museum ini agar dapat bertahan dan eksis sesuai perkembangan zaman. Ide ini dilatarbelakangi dari nilai-nilai Ki Hadjar Dewantara yang harus terus dipromosikan oleh Kota Yogyakarta dan para mahasiswa.
Dalam menyusun paper ini, Aditia dan Diah berperan dalam mengkaji aspek pendidikan, nilai-nilai Ki Hadjar Dewantara, dan potensi pengembangan museum dari perspektif ilmu pendidikan. Ilham berperan sebagai ketua tim guna mengkoordinasi konsep Triple Helix kepada pemerintah, akademisi, dan industri. Penelitian ini merupakan sebuah modal baru dalam mempromosikan museum sebagai industri kreatif berbasis wisata edukasi dengan konsep universal.
"Setiap orang dapat menjadi guru, setiap rumah dapat menjadi sekolah. Prinsip ini yang kami harapkan agar setiap orang bisa saling belajar dan membelajarkan." Kata Diah. (aditia/witono)