Guru lulusan FMIPA UNY unggul dan berprestasi

Para guru lulusan FMIPA UNY merupakan guru yang unggul dan berprestasi di sekolahnya. Bahkan guru yang sekarang mengajar di SMAN 1 Ngaglik Sleman mempunyai kemampuan yang lebih dibandingkan dengan guru lain. Untuk lomba-lomba,  guru tersebut sering berkompetisi mewakili kabupaten. 
Hal tersebut terungkap pada wawancara antara tim Asesor  Accreditation Agency for Degree Programs in Engineering, Informatics/Computer Science, the Natural Sciences and mathematics (ASIIN) dengan mitra industri pengguna lulusan FMIPA UNY di Gedung Sugeng Mardiyono PPS UNY, Rabu, 20/11/19. Pada kesempatan tersebut hadir perwakilan dari sekolah dan perusahaan pengguna lulusan FMIPA UNY.
Tentang  kemampuan mahasiswa mengajar pada waktu Praktik Pengalaman Mengajar (PPL) di sekolah, para kepala sekolah mengatakan mahasiswa lulusan UNY sudah siap untuk mengajar. Namun tahapan administrasi menjadi guru sekarang melalui Pendidikan Profesi Guru. Dengan demikian mahasiswa menjadi lebih siap menjadi guru.
Sementara itu, pada sesi wawacara asesor dengan pimpinan fakultas dan prodi, Wakil Dekan I FMIPA, Dr. Slamet Suyanto mengatakan banyak dosen FMIPA yang mengikuti dan menjadi nara sumber seminar internasional di luar negeri seperti di Saudi Arabia, Thailand, dll. Banyak juga yang menjadi dosen tamu di universitas mitra Malaysia dan Thailand.  Untuk visiting professor dilaksanakan di Turkey.
“Untuk program transfer kredit, FMIPA UNY bekerjasama dengan beberapa perguruan tinggi di Malaysia dan Thailand seperti Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI), Universiti Putra Malaysia (UPM), Prince of Songkla University, Yala Rajabhat Universiti dll. Kita saling bertukar mahasiswa untuk menempuh kuliah selama satu semester yang nilainya diakui di universitas asalnya”, lanjutnya.
Setelah sesi tanya jawab, para asesor meninjau laboratorium riset dan laboaratorium terpadu di FMIPA. Di lab riset para asesor meninjau peralatan seperti XRD, Mikrobiologi, Lab Komputer, Lab Micro Teaching, dll. Sedangkan di lab terpadu mereka meninjau lab Pendidikan IPA, lab Pendidikan Matematika, Lab Pendidikan Kimia.dan lab Pendidikan Biologi. (witono)