Skip to main content

   Indonesia   |    English

CAPTCHA
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.
Silakan masukkan jawaban pada kotak yang telah disediakan
  • Reset your password
Home

Main navigation

  • BERANDA
  • PROFIL FMIPA
    • Sejarah Singkat
    • Visi Misi
    • Pimpinan
    • Laporan Dekan
    • Renstra
  • KERJASAMA
    • Guest Lecturer
    • Lembaga/instansi pemerintah/non pemerintah
    • Pertukaran Mahasiswa
    • Visiting Professor
    • Laporan dan Evaluasi Kerjasama
    • Struktur Organisasi UUIK FMIPA UNY
  • DEPARTEMEN
    • Pendidikan Matematika
      • Prodi Sarjana Matematika
      • Prodi Sarjana Pendidikan Matematika
      • Prodi Sarjana Statistika
      • Program Magister Pendidikan Matematika
      • Program Doktor Pendidikan Matematika
    • Pendidikan Fisika
      • Prodi Sarjana Fisika
      • Prodi Sarjana Pendidikan Fisika
      • Program Magister Pendidikan Fisika
    • Pendidikan Kimia
      • Prodi Sarjana Kimia
      • Prodi Sarjana Pendidikan Kimia
      • Programi Magister Pendidikan Kimia
      • Program Doktor Pendidikan Kimia
    • Pendidikan Biologi
      • Prodi Sarjana Biologi
      • Prodi Sarjana Pendidikan Biologi
      • Program Magister Pendidikan Biologi
    • Pendidikan IPA
      • Prodi Sarjana Pendidikan IPA
      • Program Magister Pendidikan Sains
      • Program Doktor Pendidikan IPA
  • JURNAL
  • PENJAMINAN MUTU
  • PPID
    • Profil PPID FMIPA
    • Struktur PPID FMIPA
    • Formulir Permohonan Informasi
    • Informasi Tersedia Setiap Saat
    • Daftar Informasi Publik
    • Informasi Wajib Berkala
  • Permohonan Informasi
  • SOP
  • Zona Integritas dan WBK
  • USAHA FMIPA

Breadcrumb

  • Home
  • Pembelajaran bagi kaum milenial

Pembelajaran bagi kaum milenial

By witono | 2:51 PM WIB, Tue March 17, 2020

Sebagai guru yang mengajar kaum milenial, sebaiknya kita mengenal generasi milenial sebagai bahan bagaimana menghadapi mereka. Ada beberapa ciri generasi milenial, antara lain Hobi melakukan pembayaran non-cash. Menghadapi anak seperti ini model pembelajarannya seperti apa supaya kita bisa mengintegrasikan, apakah anak dilatih literasi bahwa kita harus siap dengan perkembangan teknologi di dunia semakin maju, jadi literasi ke ekonominya. 
Anak milenial juga suka dengan yang serba cepat dan instan.  Kita tidak bisa mengajarkan dari awal sampai akhir. Mahasiswa kalau sedang dijelaskan memilih untuk memfoto slide dari pada menulis. Padahal dinegara maju seperti di Jepang, siswanya masuk ke kelas, mereka harus menulis / mencatat dibuku. Tapi metode mencatatnya beda dengan tempat kita yang mencatatnya persis seperti di slide. Disana siswa memahami dulu baru dicatat intisarinya.  Dan guru memberi kesempatan untuk mencatat, sehingga catatannya akan bermakna seperti saya mencatat tentang itu dihalaman sekian dll. Jadi di Negara maju seperti Jepang, Singapura, AS, Selandia Baru, dll siswa yang utama dilantih kemampuan literasi dan critical thinking skillnya.     
Hal tersebut disampaikan oleh Dr. Eli Rohaeti, dosen Jurdik Kimia FMIPA UNY pada Workshop Pembelajaran yang Menarik yang diikuti oleh para guru pembimbing lomba Chemistry Competition (CeC) yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Kimia (HIMAKI) FMIPA UNY, jumat, 5/3/20 di fakultas setempat. 
Lebih lanjut Eli menerangkan, ciri yang lain yaitu berbeda perilaku dalam grup satu dan yang lain. Suatu saat anak bisa  marah disitu, tapi ditempat lain tidak marah. Dia masih sangat mudah berubah di kelompok satu dengan yang lainnya. Jadi guru sebagai pendidik harus menciptakan suasana aman dan nyaman. Sekarang kebanyakan anak menjadi sahabat kita beda dengan dulu. 
“Ciri-ciri generasi milenial yang lainnya yaitu mudah bosan pada barang yang dibeli, No gadget No Life,, jago multitasking, kritis terhadap fenomena sosial, suka melakukan posting, suka share terutama dalam media sosial, memilih pengalaman daripada asset,” tambahnya.
Sebagai rangkaian dari kegiatan workshop tersebut Himaki juga menyelenggarakan lomba Olimpiade Kimia yang diikuti 60 orang dari 14 regional. Ketua Panitia M. Hanif Qodri menjelaskan bahwa untuk peserta sendiri diikuti oleh 215 orang dari 12 regional, dan finalnya diambil 60 orang yang diselenggarakan di kampus FMIPA UNY.  Ke-12 regional tersebut meliputi Pekan Baru, Lampung, Jakarta, Bandung, Bogor, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Bali, Purwokerto, Makasar, dan Banjarmasin.
“Acara CeC ini sudah kami selenggarakan secara rutin. Kompetisi kimia untuk tingkat SMA ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing yang berbau kimia,” katanya.
Hanif menambahkan, selain olimpiade kita juga menyelenggarakan Lomba Karya Tulis Ilmiah yang diikuti oleh 12 tim dari 10 universitas yaitu Universitas Gajah Mada(UGM), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Brawijaya (UB), Universitas negeri Malang (UM),  IPB, UNDIP, UI, Unpad, UNYTema yang diambil adalah tentang lingkungan sehat. (witono)
 

Berita Lain

Post date: Tue, 11/11/2025 - 14:36
Kunjungan MAN 2 Surakarta ke FMIPA UNY: Bangun Semangat Akademik dan Kenali Dunia Kampus
Post date: Fri, 11/07/2025 - 13:09
Strengthening International Networks, FMIPA UNY Signs MoU with SEAMEO QITEP in Mathematics
Post date: Fri, 11/07/2025 - 13:05
Synergy between Education and Technology: FMIPA UNY and Casio Sign Cooperation Agreement
Post date: Thu, 11/06/2025 - 10:41
Benchmarking Penjaminan Mutu: Kampus 5 Unesa Magetan Kunjungi FMIPA UNY Dukung Peluasan Kampus Baru
Post date: Wed, 11/05/2025 - 13:38
Sidang Promosi Doktor ke-3 Pendidikan IPA FMIPA UNY: Fajar Fitri Raih Gelar Doktor dengan Penelitian Inovatif Model Pembelajaran Terintegrasi Budaya Batik Fisika
Post date: Tue, 11/04/2025 - 14:39
Gelar Karya PPK Ormawa HIMATIKA FMIPA UNY: Wujud Nyata Inovasi Mahasiswa dalam Pemberdayaan Masyarakat Kalurahan Playen
Post date: Mon, 11/03/2025 - 13:58
Pelatihan Pembelajaran Deep Learning dengan Model UARE Excellent bagi Guru Biologi SMA di Kabupaten Sleman
Post date: Mon, 11/03/2025 - 13:53
Pengembangan Model Pembelajaran “UARE Excellent” dalam Pembelajaran Biologi
Post date: Thu, 10/23/2025 - 14:10
Kunjungan FKIP Universitas Jember ke FMIPA UNY: Perkuat Benchmarking dan Kolaborasi Kurikulum Pendidikan Matematika
Post date: Tue, 10/21/2025 - 13:22
Serbuk Topikal Pegagan untuk Luka Diabetes

Pagination

  • Page 1
  • Next page next ›

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Dewan Pertimbangan Mahasiswa
  • Badan Eksekutif Mahasiswa
  • Himpunan Mahasiswa Matematika
  • Himpunan Mahasiswa Fisika
  • Himpunan Mahasiswa Kimia
  • Himpunan Mahasiswa Biologi
  • Himpunan Mahasiswa IPA
  • HANCALA (Pecinta Alam)
  • Haska (Kerohanian Islam)
  • SEKRUP (Teater, Seni)
  • KSI MIST (Penelitian)
  • BIONIC (UKM Pengamat Burung)
  • MIPA Creativepreneur Club

Kepala Bagian Tata Usaha, Sekretaris Tata Usaha, dan UUIK

  • Kepala Layanan Administrasi
  • Sekretaris Layanan Administrasi
  • Unit Urusan Internasional dan Kemitraan

Kontak Kami

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Kampus Karangmalang
Jl.Colombo No. 1 Yogyakarta 55281,

Telp. 0274-586168 psw 217, 336
Telp. 0274-565411
FAX. 0274-548203
Email: humas_fmipa@ uny.ac.id

 

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY