UNY Memberikan Banyak Kontribusi Bagi Universitas Khairun.

FMIPA UNY  banyak memberikan kontribusi bagi Universitas Khairun. Dulu ketika pertama kali studi banding ke Laboratorium Matematika, data yang dari FMIPA UNY kami buat proposal dan dapat dana Rp 7.000.000,- untuk laboratorium Matematika walaupun terus menjadi laboratorium bersama fakultas.
Untuk studi banding selanjutnya adalah tentang akreditasi. Waktu itu tempat kami belum ada akreditasi. Dekan bekal kunjungan ke UNY maka prodi kami Pendidikan Matematika S1 mendapatkan akreditasi B.
Hal tersebut disampaikan Dr. Kamal La Nani, M.Si., dari Universitas Khairun saat melaksanakan studi banding tentang penjaminan mutu ke FMIPA UNY. Kunjungan dilaksanakan baru-baru ini di ruang sidang FMIPA UNY.
lebih lanjut dikatakan, beberapa alumni kami juga sudah menempuh program Magister Pendidikan Matematika di UNY. Selain itu kami juga juga belajar administrasi Jurnal. Dan dengan bekal dari sini (FMIPA UNY) maka jurnal kami sekarang sudah terakreditasi Sinta 4
Wakil Dekan bidang Akademik dan Kerjasama FMIPA UNY, Prof. Dr. Jaslin Ikhsan dalam sambutannya mengatakan, posisi FMIPA di UNY cukup bagus karena dari sisi penelitian banyak dosen yang aktif menulis proposal sehingga secara kuantitas dosen yang mendapat dana cukup besar. Di unit penjaminan mutu sudah berkembang bagus.  Dari sisi penjaminan mutu, segala yang kita lakukan berbasis pada masalah. Dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi  dalam segala hal.
“Kami sekarang belajar menjadi PTNBH, maka orientasi kegiatan pembelajaran pasti berbeda dengan tahun lalu. Kami dituntut melakukan pembelajaran berbasis outcomes base education. Setelah PTNBH tujuan kami adalah menjadi universitas berbasis penelitian, bukan universitas yang berbasis pembelajaran”, katanya.
Jaslin Ikhsan menjelaskan, fungsi penjaminan mutu ditingkat prodi maupun difakultas sangat penting karena perubahan ini.  Ini adaptasi dari yang pokoknya mengajar menjadi bagaimana mahasiswa bisa melakukan sesuatu. Ini yang kami harapkan tahun depan ada revisi RPS mulai darai deskripsi dll. (witono)