Sebanyak 7 dari 9 Jurnal Reguler FMIPA UNY Sudah Terakreditasi Sinta

Di FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta,  saat ini ada 9 jurnal regular dan 10 jurnal mahasiswa. Dari 9 jurnal kita ada 7 yang terakreditasi sinta dengan rincian 3 jurnal sinta 2, 3 jurnal sinta 3 dan 1 jurna sinta 5. Masih ada 2 jurnal lagi yang dalam proses terakreditasi sinta dan menunggu hasil.
Kita tahu pentingnya jurnal. Sebagai orang MIPA selayaknya kita kuat di sini (jurnal). Jadi tahun depan kita jangan hanya jago dalam jumlah artikel yang diterbitkan, tapi banyaknya jurnal yang terakreditasi sinta, dan jika memungkinkan juga terindeks scopus ditahun-tahun mendatang.
Demikian disampaikan Wakil Dekan bidang Akademik dan Kerjasama FMIPA UNY, Prof. Dr. Jaslin Ikhsan saat membuka   Workshop Penerbitan Edisi 2 Tahun 2022 Jurnal FMIPA yang diselenggarakan Minggu, 30/10/22 di Yogyakarta dengan dihadiri seluruh tim jurnal di FMIPA.
Prof Jaslin mengungkapkan bahwa  jurnal merupakan media bagi kita untuk sharing, disamping tentunya kita mendapatkan poin yang selama ini menjadi momok.  Artinya tantangan bagi dosen yang kesulitan naik jabatan banyak dipublikasi. Kalau kita punya jurnal banyak, maka tanpa menurunkan kualitas, kita punya kesempatan untuk terbit disitu.
“Kita dituntut untuk bisa  publish banyak tapi juga memperhatikan kualitas, pantang bagi kita untuk melakukan tukaran . Kita bekerja sesuai dengan kaidah. Bagi yang kurang memenuhi syarat ya diperbaiki. Jika teman kita memasukkan dan belum memenuhi syarat ya kita perbaiki beberapa kali sampai memenuhi. Misal harus masuk lagi ke lab ya diperbaiki lagi sambil diberi masukkan sehingga memenuhi kaidah”, jelasnya.
Kita mempunyai 19 jurnal dan kita berupaya untuk terbit teratur  serta terakreditasi sinta supaya kita bisa memanfaatkan untuk kenaikan jabatan.  Jika dikelola dengan baik bisa menghasilkan income yang besar. Ini bisa jadi salah satu dukungan dalam mensukseskan  eksisten PTNBH bagi UNY. (witono)