UNY TUAN RUMAH PKM AMLI 2022

FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta ditunjuk menjadi tuan rumah penyelenggara Program Kreativitas Mahasiswa Asosiasi MIPA LPTK Indonesia (AMLI) 2022 yang diikuti oleh mahasiswa  12 LPTK di Indonesia, yaitu Unimed Medan, UNJ Jakarta, UNY Yogyakarta, Unnes Semarang, Unesa Surabaya, UNG Gorontalo, UM Malang, UNM Makassar, UPI Bandung, Undiksha Bali, UNP Padang dan Unima Manado.. Rangkaian kegiatan ini dimulai dari pengajuan proposal PKM pada bulan Juli 2022 sampai pada tahap pengumpulan laporan akhir yang ditutup pada Senin, 10/10/22.
Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan dan Alumni FMIPA UNY, Dr. Ali Mahmudi mengungkapkan bahwa tujuan lomba ini adalah untuk menumbuhkembangkan jiwa mahasiswa yang kreatif, inovatif, unggul, produktif dan kompetitif serta memiliki softskill dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia berdaya saing tinggi dan adaptif.  
Kegiatan perlombaan ini terinspirasi dari kegiatan PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) yang diselenggarakan oleh Belmawa Kemdikbudristek, sehingga memiliki karakteristik umum yang sama, yakni topik dari proposal yang diajukan haruslah kekinian dan atau berkaitan dengan Sustainable Developments Goals (SDGs). Melalui kegiatan ini, mahasiswa diharapkan mampu menumbuhkembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills), berpikir kreatif dan berpikir kritis.
“Pada lomba ini, para peserta bisa memilih Skim PKM  yang tersedia, yaitu PKM bidang Riset Eksakta (PKM-RE) atau PKM bidang Riset Sosial Humaniora (PKM-RSH), PKM Kewirausahaan (PKM-K), PKM Pengabdian kepada Masyarakat ( PKM-PM), PKM Penerapan Iptek (PKM-PI),  PKM Gagasan Futuristik Tertulis (PKM-GFT), dan PKM Artikel Ilmiah (PKM-AI)”, lanjutnya.
Setelah jadwal upload ditutup, maka diketahui tim yang mengupload proposal PKM berjumlah 26, PKM- RSH (20), PKM-K (25), PKM PI (1), PKM-PM (7), dan PKM-GFT (12).  Dari jumlah tersebut  yang dari mahasiswa FMIPA UNY yaitu PKM-RE  sebanyak 6 tim, PKM-RSH  (5), PKM-K (6), PKM-PM (2), PKM-GFT (2), dan PKM-AI (3).  Untuk proses presentasi  dilaksanakan  Senin-Selasa, (11-12/10/12) secara daring. (witono)